Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:20 WIB | Jumat, 26 September 2014

KPK Tetapkan Gubernur Riau Sebagai Tersangka

Abraham Samad bersama jajarannya menyampaikan keterangan terkait penetapan Gubernur Riau menjadi tersangka, Jumat (26/9) di gedung KPK. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua tersangka terkait operasi tangkap tangan (OTT) yang melibatkan Gubernur Riau Annas Maamun (AM) dan seorang pengusaha berinisial GM (Gulat Manurung).

"Lewat ekspose (gelar perkara) yang dilakukan satgas maka disimpulkan bahwa kasus ini ditingkatkan ke penyidikan. Maka KPK sudah bisa menetapkan tersangka yaitu saudara AM selaku Gubernur Riau," kata Ketua KPK Abraham Samad di gedung KPK Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan dalam konferensi pers Jumat (26/9).

AM disangkakan melanggar pasal 12 a atau pasal 12 b atau pasal 11 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi.

"Kemudian tersangka kedua adalah GM sebagai pihak pemberi ditetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan pasal 5 ayat 1 a atau b atau pasal 13 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi."

Gubernur Riau Annas Maamun ditangkap dalam OTT oleh KPK di Perumahan Citra Gran, Cibubur, Jakarta Timur pada Kamis (25/9). Annas diduga menerima uang dari seorang pengusaha untuk mendapatkan izin proyek di provinsi Riau.

Sementara itu juru bicara KPK Johan Budi menambahkan, pihaknya belum dapat menyebutkan identitas delapan orang yang diamankan bersama Gubernur Riau Annas Maamun itu.

Gubernur Riau Annas Maamun, kata Johan, diamankan oleh tim penyidik pada pukul 17.30 WIB di sebuah rumah di Cibubur, Jakarta.

Dalam operasi tangkap tangan itu, Johan mengakui turut ditahan dua unit mobil mewah, salah satunya merupakan mobil dinas gubernur.

Selain itu, KPK, kata Johan, juga mengamankan uang tunai dolar Singapura dan rupiah dengan jumlah yang sejauh ini masih dihitung.

“Kemungkinan jumlahnya miliaran rupiah,” kata dia.

Gubernur Riau Annas Maamun dikabarkan telah berada di Jakarta sejak beberapa hari lalu untuk kepentingan dinas.

Selama itu, berbagai kegiatan di daerah telah diambil alih oleh Wakil Gubernur Arsyadjuliandi Rachman.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home