Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:47 WIB | Rabu, 20 Maret 2024

Kremlin Puji Kemenangan Luar Biasa Putin dalam Pilpres Yang Dikecam Barat

Kemenangan Putin hingga 87% suara membuka jalan baginya untuk menjadi pemimpin Rusia yang paling lama menjabat dalam lebih dari dua abad.
Presiden Rusia, Vladimir Putin, berbicara setelah TPS ditutup, di Moskow, Rusia, 18 Maret 2024. (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kremlin memuji kemenangan Presiden Vladimir Putin dalam pemilu sebagai sesuatu yang “luar biasa” pada hari Senin (18/3), setelah mantan mata-mata itu memenangkan lebih dari 87 persen suara dalam pemungutan suara selama tiga hari yang dianggap tidak sah oleh negara-negara Barat.

Moskow telah menampilkan pemilihan presiden akhir pekan ini sebagai bukti bahwa Rusia telah mendukung Putin selama lebih dari dua tahun setelah serangan terhadap Ukraina.

Kemenangan Putin diperkirakan akan semakin memperkuat cengkeramannya terhadap Rusia, di mana perbedaan pendapat tidak lagi ditoleransi di bawah penindasan yang semakin cepat terjadi.

Berkuasa sejak hari terakhir tahun 1999, ia kini berada di jalur untuk menjadi pemimpin Rusia yang paling lama menjabat dalam lebih dari dua abad.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan hasil tersebut menunjukkan bahwa Rusia sedang melakukan konsolidasi “mengikuti jalurnya (Putin).”

Semua lawan utama Putin yang berusia 71 tahun telah tewas, baik di penjara atau di pengasingan, dan pemungutan suara dilakukan sebulan setelah penantang utama Putin, Alexei Navalny, meninggal di penjara.

Pihak berwenang telah meminta warga Rusia untuk mengambil bagian dalam pemungutan suara karena kewajiban patriotik mereka.

Ketua pemilu yang ramah terhadap Kremlin, Ella Pamfilova, mengatakan Putin telah memenangkan “rekor” hasil pemilu dan memperoleh “hampir 76 juta” suara.

Negara-negara Barat mengecam pemilu tersebut sebagai pemilu yang tidak adil, namun Pamfilova, ketika berbicara di televisi pemerintah, menolak pernyataan tersebut dan menganggapnya sebagai “cabang kemanusiaan yang sedang sekarat.”

Dia mengatakan pengamat internasional OSCE tidak diundang karena mereka “di tangan Anglo-Saxon.”

Meski tidak ada persaingan nyata, komisinya mengatakan pemungutan suara berjalan lancar dan adil. Namun Golos, seorang pengamat pemilu independen Rusia, mengatakan: “Kami belum pernah melihat kampanye presiden yang jauh dari standar konstitusi.”

Pemilu di Wilayah Pendudukan

Pemungutan suara yang berlangsung selama tiga hari – juga diadakan di wilayah pendudukan Ukraina – dirusak oleh surat suara yang rusak dan pemboman oleh Ukraina.

Ribuan orang menanggapi seruan oposisi untuk memprotes pemilu tersebut dengan membentuk antrian panjang di tempat pemungutan suara – baik di dalam maupun di luar Rusia.

Yulia Navalnaya – yang bersumpah untuk melanjutkan pekerjaan mendiang suaminya Alexei – mengantri di tengah massa di Berlin pada hari Minggu (17/3) dan mengatakan dia telah menuliskan namanya di kertas suaranya.

Moskow telah memperingatkan warga Rusia untuk tidak ambil bagian dalam protes dan pada hari Senin (18/3) membubarkan oposisi. “Ada banyak orang yang … benar-benar memisahkan diri dari tanah air mereka,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan.

“Yulia Navalnaya yang Anda sebutkan termasuk dalam kelompok orang yang kehilangan akarnya,” tambahnya.

Moskow secara teratur mengecam ratusan ribu warga Rusia yang meninggalkan negara mereka setelah serangan Ukraina sebagai pengkhianat.

Surat suara juga rusak karena pewarna hijau dan terjadi beberapa insiden pembakaran bilik suara.

Putin pada hari Minggu memperingatkan bahwa orang-orang Rusia yang merusak surat suara mereka “harus ditangani” dan menganggap protes oposisi “tidak berpengaruh.”

Itulah Hidup

Putin pada hari Minggu juga menyebut nama Navalny untuk pertama kalinya di depan umum – melanggar tradisi bertahun-tahun yang tidak pernah menyebut nama lawannya. Ini adalah pertama kalinya dia mengomentari kematian Navalny di penjara pada 16 Februari.

Putin menuduh bahwa dia telah memberi lampu hijau pada inisiatif pertukaran tahanan termasuk Navalny dengan warga Rusia yang ditahan di penjara-penjara Barat – membenarkan tuduhan yang dibuat oleh tim Navalny.

“Saya menyetujui satu syarat: kami menukarnya dan dia tidak kembali,” kata Putin. Dia mengatakan Navalny meninggal beberapa hari kemudian. “Tapi ini terjadi. Tidak ada yang dapat Anda lakukan mengenai hal itu. Itulah hidup."

Dia tidak mengatakan bagaimana Navalny meninggal. Kremlin pada hari Senin menekankan bahwa Putin tidak mengatakan ada perundingan, hanya bahwa “gagasan tersebut telah diajukan dan dia menyetujuinya.”

Tim Navalny menuduh bahwa dia dibunuh pada malam pertukaran tahanan dengan negara Barat.

Navalny adalah lawan Putin terbaru yang tewas dalam keadaan misterius yang belum sepenuhnya diklarifikasi oleh Kremlin.

Barat Kecam Pilpres Rusia

Kremlin mengatakan Putin mengadakan pembicaraan telepon dengan mantan sekutu Uni Sovietnya di Asia Tengah, Belarusia, dan Azerbaijan setelah pemungutan suara.

Ia juga menerima ucapan selamat dari negara otoriter lainnya seperti China, Korea Utara, Venezuela, dan Myanmar, kata media pemerintah Rusia.

Putin menegaskan kembali peningkatan hubungan dengan Beijing dalam pidato kemenangannya.

Meskipun dalam empat pemilihan presiden sebelumnya yang dimenangkan Putin sejak tahun 2000, para pemimpin Barat memberikan ucapan selamat, namun kemenangannya kali ini disambut dengan pedas.

“Pemilu ini didasarkan pada penindasan dan intimidasi,” kata Menteri Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell.

Inggris juga mengecam pemungutan suara tersebut sebagai tindakan yang tidak adil. “Putin menyingkirkan lawan-lawan politiknya, mengendalikan media, dan kemudian menobatkan dirinya sebagai pemenang. Ini bukan demokrasi,” kata Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, dalam sebuah pernyataan.

Volodymyr Zelenskyy dari Ukraina mengatakan Putin adalah seorang “diktator” yang ingin “memerintah selamanya.”

Kiev meningkatkan serangan terhadap tanah Rusia menjelang dan selama pemilu. Rusia mengatakan pada hari Senin (18/3) bahwa dua orang lainnya tewas di wilayah perbatasan Belgorod. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home