Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:43 WIB | Rabu, 20 Maret 2024

Trump Peringatkan Akan Ada “Pertumpahan Darah” Jika Dia Terpilih

Tidak jelas apa yang dimaksud dengan komentar calon dari Partai Republik itu; Pemerintahan Biden mengatakan mantan presiden meningkatkan ancaman kekerasan politik.
Kandidat presiden dari Partai Republik mantan presiden AS, Donald Trump, berbicara pada rapat umum kampanye, 16 Maret 2024, di Vandalia, Ohio. (Foto: AP/Jeff Dean)

VANDALIA-OHIO, SATUHARAPAN.COM-Donald Trump mengatakan pada rapat umum di Ohio pada hari Sabtu (16/3) bahwa pemilihan presiden pada bulan November akan menjadi “tanggal paling penting” dalam sejarah Amerika Serikat, menggambarkan kampanyenya untuk Gedung Putih sebagai titik balik bagi negara tersebut.

Beberapa hari setelah mengamankan posisinya sebagai calon presiden dari Partai Republik, mantan presiden tersebut juga memperingatkan akan adanya “pertumpahan darah” jika dia tidak terpilih – meskipun tidak jelas apa yang dia maksud, dan pernyataan tersebut muncul di tengah komentar tentang ancaman terhadap industri otomotif Amerika.

“Tanggalnya – ingat ini, 5 November – saya yakin ini akan menjadi tanggal paling penting dalam sejarah negara kita,” kata pria berusia 77 tahun itu kepada para penonton di Vandalia, Ohio, mengulangi kritik yang sudah lama dilontarkannya pada saingannya, Presiden Joe Biden, adalah presiden yang “terburuk”.

Mengkritik apa yang dikatakannya sebagai rencana China untuk memproduksi mobil di Meksiko dan menjualnya ke Amerika, ia menyatakan: “Kami akan menerapkan tarif 100 persen pada setiap mobil yang diproduksi, dan Anda tidak mampu menjual mobil-mobil itu yang akan dikenakan tarif sebesar itu, jika saya terpilih.”

“Sekarang, jika saya tidak terpilih, maka ini akan menjadi pertumpahan darah secara keseluruhan – itu adalah pertumpahan darah yang paling kecil, ini akan menjadi pertumpahan darah bagi negara. Itu adalah hal yang paling kecil. Tapi mereka tidak akan menjual mobil itu.”

Ketika komentar Trump mendapatkan perhatian di media sosial, tim kampanye Biden mengeluarkan pernyataan yang menyebut kandidat Partai Republik itu “pecundang” di kotak suara pada tahun 2020 yang kemudian “menggandakan ancaman kekerasan politiknya.”

“Dia menginginkan Pemilu tanggal 6 Januari lagi, namun rakyat Amerika akan memberinya kekalahan lagi dalam pemilu pada bulan November ini karena mereka terus menolak ekstremismenya, kesukaannya terhadap kekerasan dan rasa hausnya akan balas dendam,” kata kampanye tersebut, merujuk pada serangan mematikan terhadap presiden AS dan US Capitol oleh pendukung Trump pada tahun 2021.

Biden kemudian berbicara pada jamuan makan malam di Washington, di mana dia juga memperingatkan tentang “momen yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah.”

“Kebebasan sedang diserang… Kebohongan mengenai Pemilu tahun 2020, rencana untuk membatalkannya, dan mendukung pemberontakan tanggal 6 Januari merupakan ancaman terbesar bagi demokrasi kita sejak Perang Saudara Amerika,” katanya. “Pada tahun 2020, mereka gagal, tapi… ancamannya tetap ada.”

Pria berusia 81 tahun ini, yang telah menghilangkan kekhawatiran bahwa ia terlalu tua untuk masa jabatan kedua, mengisi retorikanya dengan humor. “Seorang kandidat terlalu tua dan tidak sehat secara mental untuk menjadi presiden,” katanya tentang pemilihan presiden. “Orang lain itu adalah aku.”

Masalah Perbatasan

Awal bulan ini Trump dan Biden masing-masing memenangkan cukup banyak delegasi untuk meraih nominasi partai mereka pada pemilihan presiden tahun 2024, namun memastikan adanya pertandingan ulang dan menyiapkan salah satu kampanye pemilu terpanjang dalam sejarah AS.

Salah satu isu yang dikampanyekan Trump adalah reformasi besar-besaran terhadap kebijakan imigrasi Biden yang disebutnya sebagai “pertunjukan horor”, meskipun mantan presiden tersebut berhasil menekan Partai Republik untuk memblokir rancangan undang-undang di Kongres yang mencakup langkah-langkah keamanan perbatasan yang paling ketat dalam beberapa dekade.

Pada hari Sabtu, dia kembali menyerukan perbatasan ketika dia menjangkau kelompok minoritas yang secara tradisional memilih Demokrat.

Dia mengatakan Biden telah “berulang kali menikam pemilih keturunan Afrika-Amerika dari belakang” dengan memberikan izin kerja kepada “jutaan” imigran, dan memperingatkan bahwa mereka dan warga Amerika Hispanik “akan menjadi pihak yang paling menderita.”

Selama beberapa dekade, Ohio dipandang sebagai negara bagian yang menentukan arah, meskipun wilayah ini cenderung lebih kuat dari Partai Republik sejak kemenangan Trump di Gedung Putih pada tahun 2016.

Unjuk rasa ini terjadi sehari setelah mantan wakil presiden Trump, Mike Pence, mengatakan dia tidak akan mendukung bos lamanya untuk masa jabatan kedua di Gedung Putih. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home