Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 14:03 WIB | Selasa, 09 Mei 2023

Krisis Myanmar dan Sengketa Laut Cina Selatan Tantangan Serius ASEAN

Dari kiri, Menlu Malaysia, Zambry Abd Kadir, Menlu Filipina, Enrique Manalo, kepala delegasi resmi senior Singapura, Albert Chua, Menlu Thailand, Don Pramudwinai, Menlu Vietnam, Bui Thanh Son, Menko Polhukam, Mahfud MJD, Menlu RI, Retno Marsudi, Menlu Laos, Saleumxay Kommasith, Kepala Delegasi Pejabat Senior Brunei, Johariah Wahab, Menlu Kamboja, Prak Sokhonn, Menlu Timor Leste, Adaljiza Magno, dan Sekjen ASEAN, Kao Kim Hourn, bergandengan tangan saat berfoto dalam pertemuan dewan komunitas politik keamanan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, Selasa, 9 Mei 2023. (Foto: Achmad Ibrahim/pool via AP)

LABUAN BAJO, SATUHARAPAN.COM-Kekhawatiran atas perselisihan sipil mematikan yang masih berlangsung di Myanmar, termasuk serangan bersenjata terhadap konvoi bantuan kemanusiaan ASEAN, dan tindakan agresif China di Laut China Selatan yang disengketakan diperkirakan akan menjadi sorotan pekan ini ketika Asia Tenggara para pemimpin bertemu di Indonesia.

Diplomat tertinggi Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bertemu hari Selasa (9/5) di kota pariwisata Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, untuk menyelesaikan agenda menjelang pertemuan puncak dua hari kepala negara blok 10 negara itu.

Amerika Serikat dan China bukan bagian dari KTT ini yang digelar dua kali setahun, tetapi persaingan mereka yang meningkat tampak besar selama pertemuan Asia tingkat tinggi itu. Beijing telah memperingatkan bahwa upaya AS untuk memperkuat aliansi keamanan dan mengintensifkan latihan kesiapan tempur dengan sekutu Asia akan membahayakan stabilitas regional.

Didirikan pada tahun 1967 di era Perang Dingin, ASEAN telah berjuang untuk menghindari terjerat dalam persaingan kekuatan besar sebagai sebuah blok. Tapi itu sering tampak sia-sia mengingat keanggotaan kelompok regional yang beragam, mulai dari Kamboja, Laos, dan Myanmar yang otoriter, yang secara geopolitik erat selaras dengan Beijing, hingga demokrasi liberal seperti Filipina, yang merupakan sekutu perjanjian tertua Washington di Asia dan baru-baru ini memungkinkan perluasan kehadiran militer Amerika di negara itu, hingga membuat China marah.

Anggota lainnya, Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, memiliki hubungan ekonomi dan keamanan yang berat dengan AS dan China.

“ASEAN ingin tetap terbuka, bekerja sama dengan siapa saja,” kata Presiden Indonesia Joko Widodo, ketua ASEAN tahun ini. “Kami juga tidak ingin ASEAN menjadi proksi siapa pun.”

Prinsip-prinsip dasar non campur tangan dalam urusan rumah tangga satu sama lain dan memutuskan dengan konsensus telah menyatukan klub tiran, raja, dan demokrasi yang berat selama beberapa dekade. Tetapi pendekatan itu juga membatasinya untuk segera menangani krisis yang menyebar ke luar batas.

Krisis Myanmar Tantangan ASEAN

Prinsip-prinsip itu diuji setelah tentara Myanmar merebut kekuasaan dari pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi pada Februari 2021 dan menjerumuskan negara itu ke dalam kekacauan yang mematikan. Ini menjadi salah satu krisis terparah ASEAN sejak didirikan.

Serangan udara militer Myanmar pada bulan April menewaskan sebanyak 100 orang, termasuk banyak anak-anak, yang menghadiri upacara penentang kekuasaan militer, menurut saksi mata.

Lina Alexandra dari Pusat Studi Strategis dan Internasional di Jakarta mengatakan ketidakmampuan ASEAN untuk secara persuasif dan cepat mengatasi potensi kebakaran politik seperti krisis Myanmar harus mendorongnya untuk melihat kembali prinsip-prinsip pendiriannya.

“ASEAN tidak bisa lagi bersembunyi di bawah prinsip non interferensi dan konsensus,” katanya kepada AP. “Semua itu dapat bekerja dalam situasi tidak mendesak yang tidak memerlukan kecepatan dan pengambilan keputusan segera untuk mengendalikan krisis.”

Selama akhir pekan, ketika Jokowi menyerukan diakhirinya kekerasan semacam itu, sebuah konvoi yang memberikan bantuan kepada penduduk desa yang terlantar dan membawa diplomat Indonesia dan Singapura diserang oleh pria tak dikenal bersenjatakan pistol di negara bagian Shan di timur Myanmar. Sebuah tim keamanan dengan konvoi membalas tembakan dan sebuah kendaraan rusak, tetapi tidak ada seorang pun di konvoi yang terluka, lapor televisi pemerintah MRTV.

Indonesia telah mengatur pengiriman bantuan setelah penilaian yang tertunda lama “tetapi sangat disayangkan bahwa di tengah perjalanan terjadi baku tembak,” kata Jokow, hari Senin (8/5).

“Ini tidak akan menyurutkan ASEAN dan Indonesia untuk menyerukan lagi untuk menghentikan kekerasan,” kata Jokowi kepada wartawan, Senin, memperbaharui seruannya untuk berdialog di antara pihak-pihak yang bertikai di Myanmar. “Kondisi ini tidak akan membuat siapa pun menang.”

Lebih dari 3.450 warga sipil telah dibunuh oleh pasukan keamanan sejak militer Myanmar secara paksa mengambil alih kekuasaan, dan ribuan lainnya masih dipenjara, kata Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, yang menghitung jumlah korban dan penangkapan terkait dengan represi oleh pemerintah militer.

Sebagai pemimpin ASEAN saat ini, Indonesia telah mengurangi kritik kerasnya terhadap militer Myanmar dan mengambil “pendekatan diplomasi non megafon” untuk mendorong dialog dan penghentian segera kekerasan, yang merupakan bagian dari rencana perdamaian lima poin yang dibuat oleh para pemimpin Asia Tenggara dengan jenderal tertinggi Myanmar pada 2021, kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

Di bawah tekanan internasional untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi kekerasan, para pemimpin ASEAN tidak mengundang jenderal tertinggi Myanmar ke KTT mereka, alih-alih hanya mengizinkan perwakilan non politik. Penguasa pimpinan militer Myanmar telah memprotes tindakan tersebut sebagai pelanggaran terhadap kebijakan non interferensi blok tersebut.

“Singkatnya, organisasi ini sekarang sedang menghadapi krisis eksistensial,” kata Richard Heydarian, seorang le dosen urusan internasional di Universitas Filipina yang dikelola pemerintah.

Bahkan para diplomat regional yang pernah terlibat dalam pekerjaan ASEAN sebelumnya telah bersikap optimis terhadap blok tersebut atau sangat mengkritiknya. Ketika diminta oleh The Associated Press untuk memberikan satu kata yang paling menggambarkan status blok tersebut saat ini, seorang diplomat Asia Tenggara menjawab, “Terkepung.” Yang lain berkata, "Oprobium (memalukan)."

Mereka berbicara dengan syarat anonim karena kurangnya izin untuk berkomentar secara terbuka tentang masalah tersebut.

Masalah Laut Cina Selatan

Dalam komunike pasca KTT yang akan dikeluarkan oleh Jokowi atas nama para pemimpin ASEAN, mereka berencana memperbarui seruan untuk menahan diri dalam kasus Laut Cina Selatan yang disengketakan, di mana China telah membunyikan alarm dari waktu ke waktu karena sikapnya yang semakin tegas sebagtai tindakan untuk memperkuat klaim ekspansifnya.

“Kekhawatiran diungkapkan oleh beberapa negara anggota ASEAN terhadap reklamasi lahan, aktivitas, dan insiden serius di kawasan tersebut, termasuk kerusakan lingkungan laut, yang telah mengikis kepercayaan dan keyakinan, meningkatkan ketegangan, dan dapat merusak perdamaian, keamanan, dan stabilitas di wilayah tersebut,” kata draf komunike, yang diperoleh AP, tanpa menyebutkan China.

Dalam sesi tertutup KTT, Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr. mengadakan pertemuan pada 6 Februari di mana kapal penjaga pantai China menggunakan laser tingkat militer yang membutakan sementara setidaknya dua awak kapal patroli Filipina lepas landas di  beting yang disengketakan, kata seorang pejabat Filipina kepada AP dengan syarat anonim karena kurangnya otorisasi untuk membahas masalah tersebut secara terbuka.

Awal tahun ini, Marcos memberi pasukan Amerika akses ke empat kamp militer Filipina lagi di bawah pakta pertahanan 2014. Beijing geram dengan perjanjian itu, yang dikhawatirkan akan memberi pasukan Amerika landasan untuk ikut campur dalam sengketa teritorial di Laut Cina Selatan dan Taiwan. Beijing mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri untuk dikendalikan secara paksa jika perlu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home