Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:51 WIB | Senin, 22 Februari 2016

KTT Afrika di Mesir Diakhiri dengan Seruan Investasi

(Dari kiri ke kanan) Presiden Guinea Ekuatorial, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan Presiden Sudan Omar al-Bashir menghadiri forum Afrika 2016, pada 20 Februari 2016 , di resort Laut Merah Sharm el-Sheikh. (Foto: thepeninsulaqatar.com)

SHARM EL SHEIKH, SATUHARAPAN.COM - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ekonomi Afrika yang berlangsung selama dua hari di Mesir ditutup pada hari Minggu (21/2) dengan seruan untuk investasi, dengan pihak penyelenggara mengatakan beberapa proposal bisnis akan dinegosiasikan untuk membantu mendongkrak pertumbuhan.

Lebih dari 1.200 delegasi termasuk beberapa kepala negara menghadiri konferensi di resort Laut Merah Sharm el-Sheikh itu, yang bertujuan menarik investor swasta.

Pihak penyelenggara Africa 2016 tidak mengungkapkan nilai investasi yang disetujui tapi mengatakan beberapa nota kesepahaman untuk sejumlah proyek di berbagai sektor termasuk infrastruktur, kesehatan dan teknologi informasi ditandatangani.

“Yang dibutuhkan adalah mega proyek Afrika untuk menarik investasi,” kata Menteri Investasi Mesir Ashraf Salman dalam sebuah pernyataan yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris saat dia menutup konferensi itu.

Salman mengatakan Mesir, penyelenggara KTT bersama dengan Uni Afrika, sudah mencatat total investasi sebesar delapan miliar dolar AS (sekitar Rp 107,6 triliun) di Afrika, dan lebih banyak rencana proyek.

Analis mengatakan bahwa meski tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai lebih dari empat persen, Afrika hanya menyumbang sekitar dua persen dari perdagangan global. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home