Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:57 WIB | Rabu, 17 November 2021

KTT Biden dan Xi, AS Mendukung Taiwan

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto: dok. Ist)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan bahwa Taiwan “membuat keputusannya sendiri, mendukung para pemimpin pulau itu, setelah pertemuan puncak dengan Presiden China, Xi Jinping.

Pernyataan ini dimaksudkan untuk menstabilkan hubungan yang tegang antara dua ekonomi terbesar dunia.

“Kami memperjelas bahwa kami mendukung Undang-undang Taiwan, dan hanya itu yang dikatakan Biden kepada wartawan pada hari Selasa (16/11) selama perjalanan ke New Hampshire, mengacu pada Undang-undang Hubungan Taiwan tahun 1979.

“Itu independen. Itu (Taiwan) membuat keputusan sendiri,” tambahnya.

Biden mengatakan bahwa AS tetap berkomitmen pada “Kebijakan Satu China, menurut pernyataan Gedung Putih pada KTT hari Senin. Biden mengingatkan Xi selama pertemuan bahwa ia memilih sebagai senator untuk mendukung pertahanan diri Taiwan ketika keduanya membahas pulau itu, kata Penasihat Keamanan Nasional, Jake Sullivan, hari Selasa.

“Kedua pemimpin menghabiskan banyak waktu untuk membahas masalah Taiwan, kata Sullivan. Undang-undang tersebut menetapkan bahwa AS akan mendukung pertahanan diri Taiwan dengan penjualan senjata dan mencegah upaya apa pun oleh China untuk merebut kembali pulau itu dengan paksa.

Sullivan adalah salah satu dari sedikit pejabat yang berpartisipasi dalam pertemuan puncak, yang berlangsung selama tiga setengah jam. Para pejabat AS mengatakan diskusi itu jujur ​​dan penuh hormat.

“Itu adalah pertemuan yang bagus, kata Biden. “Kami memiliki banyak tindak lanjut, kami membentuk empat kelompok, kami akan mengumpulkan orang-orang kami dalam berbagai masalah. Saya akan memiliki lebih banyak hal untuk dilaporkan kepada Anda dalam dua pekan ke depan,” katanya.

Percakapan antara Biden dan Xi sebagian besar ditujukan untuk menetapkan aturan keterlibatan antara dua ekonomi terbesar dunia, dalam upaya untuk menghindari konflik militer yang tidak diinginkan atau kerusakan ekonomi. China dan AS telah berselisih mengenai isu Taiwan, Laut China Selatan, perdagangan dan hak asasi manusia.

Para pemimpin juga membahas bagaimana negara mereka “dapat bekerja sama untuk memastikan pasokan energi global dan volatilitas harga tidak membahayakan pemulihan ekonomi global, kata Sullivan. “Kedua presiden menugaskan tim mereka untuk segera berkoordinasi dalam masalah ini.

Biden bulan lalu mengatakan bahwa AS akan membela Taiwan jika status quo pulau itu diubah secara sepihak, sebuah pernyataan yang kemudian diklarifikasi Gedung Putih hanya mengulangi kebijakan lama AS.

Selama beberapa dekade, AS telah mempraktikkan apa yang dikenal sebagai “ambiguitas strategis, menolak secara eksplisit berjanji untuk membela Taiwan jika terjadi serangan oleh China, tetapi juga menahan kemungkinan itu.

Para pemimpin China mengatakan Biden menentang kemerdekaan Taiwan dan mengatakan Xi memperingatkan bahwa mereka yang bermain api di sekitar Taiwan “pasti akan membakar diri mereka sendiri.

Kementerian luar negeri Taiwan menuduh Beijing “dengan sengaja salah mengartikan pernyataan Biden. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home