Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:47 WIB | Selasa, 25 April 2023

Kuartal Pertama, Credit Suisse Kehilangan Aset Senilai Rp 1.020 Triliun

Tanda dan logo bank Credit Suisse terlihat di kantor pusat mereka di Zurich pada 20 Maret 2023. (Foto: dok. AFP)

ZURICH, SATUHARAPAN.COM-Credit Suisse (CSGN.S) mengatakan pada hari Senin (24/4) bahwa bank itu kehilangan aset senilai 61 miliar franc Swiss (setara US$ 68 miliar atau Rp 1.020 triliun) pada kuartal pertama, dan arus keluar terus berlanjut, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi oleh UBS Group AG (UBSG.S) dalam menyelamatkan saingan.

Bank itu juga mengatakan bahwa simpanan pelanggan turun sebesar 67 miliar franc  Swiss pada kuartal tersebut dan bahwa telah ada deposito berjangka jatuh tempo yang tidak diperpanjang secara signifikan.

Sebagian besar arus keluar aset berasal dari divisi manajemen kekayaan dan terjadi di semua wilayah. “Arus keluar ini telah moderat tetapi belum berbalik pada 24 April 2023,” kata Credit Suisse.

Saham UBS dan Credit Suisse naik sedikit di awal perdagangan, dengan beberapa analis mencatat arus keluar tidak seburuk yang dikhawatirkan. Tetapi yang lain mengatakan besarnya mengkhawatirkan.

Kemampuan Credit Suisse untuk menghasilkan pendapatan tampaknya sangat rusak sehingga "kesepakatan itu bisa tetap menjadi hambatan pada hasil operasi UBS kecuali jika rencana restrukturisasi yang lebih dalam diumumkan," kata analis Thomas Hallett di KBW yang berbasis di London dalam sebuah catatan kepada klien.

Aset yang dikelola oleh divisi manajemen kekayaan utama turun menjadi 502,5 miliar franc Swiss pada akhir Maret, dibandingkan dengan 707 miliar yang dilaporkan untuk periode yang sama tahun lalu.

Bank berusia 167 tahun itu melaporkan hasil yang kemungkinan besar akan menjadi yang terakhir kalinya, karena penyatuan rekayasa negara dengan UBS diharapkan akan segera selesai.

Klien dengan cepat mulai menarik uang dari Credit Suisse yang dilanda skandal setelah terjerat dalam gejolak pasar akibat runtuhnya pemberi pinjaman Silicon Valley Bank dan Signature Bank Amerika Serikat.

Hal ini menyebabkan otoritas Swiss berebut bersama paket penyelamatan yang melihat UBS setuju untuk mengambil alih Credit Suisse untuk tiga miliar franc Swiss dalam stok dan menanggung kerugian hingga lima miliar franc. Itu juga termasuk 200 miliar franc Swiss dalam jaminan keuangan negara.

Credit Suisse mengatakan bahwa pada akhir kuartal pertama, ia memiliki 108 miliar franc Swiss pinjaman bersih di bawah fasilitas ini setelah membayar kembali 60 miliar. Sejak itu, ia telah membayar kembali 10 miliar lagi.

Bank tersebut juga mengatakan telah sepakat untuk menghentikan rencana akuisisi bisnis perbankan investasi Michael Klein senilai US$ 175 juta, yang rencananya akan dimulai bersama dengan unit perbankan investasinya sendiri.

Masa Depan Credit Suisse

Hilangnya aset juga terjadi di jaringan bank Swiss, yang membuat klien swasta menarik 6,9 miliar franc Swiss sebagai akibat dari memudarnya kepercayaan, menimbulkan pertanyaan tentang masa depan merek Credit Suisse.

"Hasilnya menunjukkan posisi waralaba CS yang menantang dan pekerjaan di depan untuk mengambil alih CS dari UBS," kata analis di RBC Capital Markets dalam sebuah catatan kepada klien.

Pada rapat umum tahunan UBS yang diadakan bulan ini, Wakil Ketua bank, Lukas Gaehwiler, mengatakan Credit Suisse akan terus beroperasi dengan namanya sendiri di Swiss di masa mendatang.

Di tengah meningkatnya tekanan di Swiss agar bisnis domestik Credit Suisse dibubarkan, Gaehwiler mengatakan UBS belum memutuskan apa yang akan dilakukan dan bahwa "semua opsi ada di atas meja".

UBS juga belum membuat pengumuman tentang berapa banyak pekerjaan Credit Suisse yang akan dipangkas, tetapi setelah pengambilalihan, eksekutif UBS mengatakan mereka mengharapkan kesepakatan untuk menghasilkan pengurangan biaya US$8 miliar pada tahun 2027, US$6 miliar di antaranya akan berasal dari pemotongan jumlah karyawan penuh waktu di seluruh operasi perusahaan.

UBS mengatakan pada hari Senin bahwa Christian Bluhm, yang kepergiannya telah ditandai sebelumnya, akan terus sebagai chief risk officer untuk "masa mendatang" untuk mengerjakan pengambilalihan Credit Suisse. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home