Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 15:58 WIB | Selasa, 06 Juli 2021

Kuda Tertinggi di Dunia, Big Jake, Telah Mati

Jerry Gilbert menyikat Big Jake di Midwest Horse Fair di Madison, Wisconsin, Amerika Serikat pada Jumat, 11 April 2014. (Foto: dok. AP/Carrie Antlfinger)

POYNETTE, SATUHARAPAN.COM- Kuda tertinggi di dunia telah mati di Wisconsin, Amerika Serikat.

Kuda Belgia berusia 20 tahun bernama Big Jake tinggal di Smokey Hollow Farm di Poynette. Valicia Gilbert, istri pemilik peternakan, Jerry Gilbert, mengatakan Big Jake mati dua pekan lalu, tetapi menolak memberikan tanggal pasti kematiannya ketika The Associated Press menghubunginya hari Senin (5/7) melalui Facebook.

"Kami lebih suka tidak mengingatnya berdasarkan tanggal, itu adalah peristiwa traumatis bagi keluarga kami," katanya.

Big Jake adalah kuda setinggi hampir 2,1 meter dan beratnya 2.500 pon (1.136 kilogram). Guinness Book of World Records mensertifikasinya sebagai kuda hidup tertinggi di dunia pada tahun 2010.

Jerry Gilbert mengatakan kepada WMTV bahwa Big Jake adalah "superstar" dan "binatang yang benar-benar luar biasa." Dia mengatakan Big Jake lahir di Nebraska dan beratnya 240 pon (109 kilogram) saat lahir, sekitar 100 pon (45 kilogram) lebih berat saat lahir ketimbang anak kuda Belgia yang khas.

Dia mengatakan dia berencana untuk mengenang Big Jake dengan mengosongkan kiosnya dan memasukkan batu bata di luarnya dengan foto dan namanya.

“Sangat sepi (di pertanian),” kata Jerry Gilbert. “Kuda-kuda lain tahu. Saya pikir mereka memiliki waktu berduka mereka sendiri karena Jake adalah pusat perhatian di sekitar sini. Ada kekosongan besar. Rasanya dia masih di sini, tapi tidak." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home