Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 09:32 WIB | Senin, 23 Maret 2015

Kunjungi Ukraina, Dewan Gereja Dunia Respon Penderitaan Rakyat

Delegasi WCC saat di Ukraina. (Foto: oikoumene.org)

SATUHARAPAN.COM - Dewan Gereja Dunia (The World Council of Churches/WCC) mengunjungi Ukraina pada 17-20 Maret lalu. Dalam kunjungan tersebut, WCC dan gerakan ekumenis menerima panggilan untuk konsisten dalam menginformasikan kepada masyarakat internasional tentang situasi di Ukraina.

Delegasi WCC juga merespon panggilan kemanusiaan terhadap penderitaan rakyat Ukraina akibat konflik dan mendukung serta memperkuat upaya gereja-gereja dan komunitas agama Ukraina dalam menciptakan keadilan dan perdamaian.

Dalam pernyataan resmi, Jumat (20/3), delegasi WCC diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat penampungan pengungsi di Kiev dan menemui orang-orang yang melarikan diri dari pertempuran. Mereka juga melakukan perjalanan ke lokasi dekat dengan zona konflik, dekat Lisichansk.

Menyaksikan kondisi yang hancur akibat krisis ini menjadi pengalaman kesaksian tersendiri bagi para delegasi. Mereka juga mendengar peran sentral gereja-gereja dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat di daerah konflik, meski masih banyak kebutuhan yang belum terpenuhi.

Kunjungan ini difasilitasi oleh gereja anggota WCC di Ukraina, Gereja Ortodoks Ukraina (Patriarkat Moskow). Delegasi bertemu dengan perwakilan dari Gereja Ortodoks Ukraina (Ukrainian Orthodox Church/UOC) dan Dewan Seluruh Gereja serta Organisasi Keagamaan Ukraina (The All Ukrainian Council of Churches and Religious Organizations/AUCCRO), kelompok yang meliputi hampir setiap gereja tradisi di Ukraina, termasuk komunitas Muslim dan Yahudi.

Dalam pernyataan resmi juga dijelaskan UOC sebagai gereja mayoritas di Ukraina, dengan jemaat di seluruh bagian negara dan di kedua sisi garis konflik. Hal ini sekaligus secara resmi menyatakan dan menegaskan komitmen UOC dalam mempertahankan keutuhan wilayah dan kesatuan Ukraina.

Adapun 10 orang delegasi yang mengunjungi Ukraina antara lain Sekjen WCC, Rev. Dr. Olav Fykse Tveit, Presiden Konferensi Gereja Eropa, Uskup Christopher Hill, Presiden WCC untuk Eropa, Uskup Agung Emeritus Anders Wejryd, Moderator Umum Sinode Gereja Protestan di Belanda, Rev. Karin van den Broeke, dan Wakil Moderator Komite Pusat WCC, Metropolitan Gennadios of Sassima. (oikoumene.org)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home