Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 07:46 WIB | Senin, 06 Oktober 2014

Kurdi: NIIS Hanya 1 Km dari Perbatasan Turki

Pasukan Turki berjaga-jaga di perbatasan kota Suruc, yang berbatasan dengan kota Kobane, Suriah. NIIS sudah menguasai Kobane. (Foto: Reuters.com)

SURUC, SATUHARAPAN.COM – Negara Islam Irak Suriah (NIIS) kini berada hanya satu kilometer dari kota Suriah Kobane di perbatasan Turki. Dan, serangan-serangan udara tidak cukup untuk menghentikan mereka, kata seorang pejabat Kurdi Suriah Minggu (5/10).

Tidak ada petempur IS, yang juga dikenal sebagai Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) yang belum ada di Kobane, menurut Idris Nahsen, wakil menteri luar negeri wilayah itu, yang berbicara kepada AFP melalui telepon dari satu kota terkepung.

“Mereka berada hanya satu kilometer (0,6 mil) di beberapa tempat dan dua atau tiga kilometer dari tempat lain,” ia menambahkan.

Ada serangan udara pimpinan Amerika Serikat lebih lanjut yang ditujukan untuk menghentikan jihad, tetapi Nahsen mengatakan mereka tidak akan cukup sendiri untuk menghadapi dan menghentikan pasukan IS.

“Mereka tidak cukup untuk bisa mengalahkan kelompok-kelompok teroris di lapangan. Mereka (koalisi yang dipimpin AS) harus membantu dengan amunisi dan persenjataan.

“Serangan-serangan membantu, tetapi kita perlu persenjataan berat, kendaraan lapis baja, meriam, roket. Dan serangan-serangan udara harus lebih efektif,” katanya kepada AFP.

Para pejuang Kurdi telah berjuang untuk membendung kemajuan gerilyawan garis keras IS sekitar Kobane selama dua pekan terakhir.

Sekitar 186.000 pengungsi telah melarikan diri ke Turki sejak pertempuran dimulai.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home