Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 09:57 WIB | Jumat, 19 Juni 2015

Lagi, Dana Talangan Yunani Berakhir Tanpa Kesepakatan

Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis (kiri), bersama Kepala Dana Moneter Internasional, Christine Lagarde (kanan) selama pertemuan para menteri zona euro, Kamis (18/6). (Foto: theguardian.com)

LUKSEMBURG, SATUHARAPAN.COM – Wakil Presiden Komisi Eropa untuk euro, Valdis Dombrovskis, mengatakan, perundingan untuk menyelesaikan dana talangan bagi Yunani dengan para kreditornya, Uni Eropa-IMF, pada Kamis (18/6), berakhir tanpa kesepakatan.

"Tidak ada kesepakatan di Grup Euro," kata Dombrovskis.

Kepala Dana Moneter Internasional, Christine Lagarde, juga mengatakan, Yunani tidak dapat lagi menunda membayar utangnya setelah pertemuan penting para menteri keuangan zona euro berakhir tanpa kesepakatan itu.

Namun ia percaya Athena masih mungkin mencapai kesepakatan sebelum akhir Juni. Sedangkan Ekonom Grup Euro, Jeroen Dijsselbloem, mengatakan dalam konferensi pers, "bola jelas berada di tangan Yunani".

"Patut disesalkan bahwa terlalu sedikit kemajuan untuk membuat kesepakatan. Waktunya sudah di depan mata,” kata Dijsselbloem yang juga Menteri Keuangan Belanda menambahkan, "ada dugaan kuat bahwa Yunani akan mengirimkan proposal baru dalam beberapa hari mendatang."

Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, menganggap gagalnya kesepakatan tersebut sebagai kecelakaan nyaris. Namun, ia membantah laporan bahwa bank-bank Yunani, yang mengalami masalah arus keuangan harian, tidak bisa lagi beroperasi.

Anggota Dewan Bank Sentral Eropa (ECB), Benoit Coeure, mengungkapkan akan ada pertemuan Eurogroup terkait masalah bailout tersebut. "Besok, ya hari Senin," ujar dia. (AFP/Ant/Reuters/voanews)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home