Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:11 WIB | Selasa, 03 November 2015

Lagu "Hello" Adele Pecahkan Rekor Penjualan Digital

Penyanyi Adele memecahkan rekor lewat single terbaru, diunduh lebih dari satu juta kali dalam sepekan di Amerika Serikat. (Foto: m.joss.today)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Adele pada Senin (2/10) memecahkan rekor dengan lagu terbarunya, Hello, yang menjadi lagu pertama yang diunduh lebih dari satu juta kali dalam sepekan di Amerika Serikat.

Hello merupakan rekaman tunggal (single) perdana dari album pertama penyanyi asal Inggris itu selama hampir lima tahun. Lagu yang sudah lama ditunggu-tunggu tersebut, memulai debutnya di puncak tangga lagu Billboard Hot 100 selama sepekan hingga Kamis (29/10).

Untuk penjualan digital saja, Hello diunduh 1,1 juta kali, jauh melampaui pemegang rekor sebelumnya, Flo Rida dengan Right Round, yang terjual 636.000 kopi dalam sepekan pada awal 2009, menurut pemeringkatan musik yang dilakukan Nielsen.

Hello juga mencetak rekor dalam bisnis streaming. Lagu tersebut diputar 20,4 juta kali melalui layanan berlangganan on-demand, dua kali lipat lebih banyak daripada rekor yang ditorehkan penyanyi pop Kanada, Justin Bieber, lewat lagu What Do You Mean.

Posisi nomor satu dicapai  lagu Hello, melalui streaming yang diunduh dari vevo di YouTube sebanyak 35,4 juta atau sebesar 58 persen, diikuti oleh Spotify sebesar 30 persen atau 18,7 juta.

Lagu Hello juga diputar di radio pada minggu pertama secara penuh, dengan jumlah pendengar mencapai 73 juta, dan melejit pada beberapa kategori aliran lagu, untuk dewasa alternatif, pop song, dan lagu pop, juga adult contemporary. Pada jenis yang terakhir itu merupakan lagu pertama yang mencapai puncak dalam waktu dua minggu.

Pengamat industri musik memperkirakan album terbaru Adele, 25, yang akan diluncurkan pada 20 November, akan menjadi karya terbesar tahun ini. Mereka juga memprediksi album terbaru Adele kemungkinan akan menyaingi album 1989 milik Taylor Swift yang dirilis pada tahun lalu.

Album terakhir Adele, 21, yang berisikan lagu patah hati Someone Like You, menjadi lagu dengan penjualan terbesar selama dua tahun berturut-turut di Amerika Serikat dan album terlaris dari segi penjualan di Inggris di abad ke-21.

"Saya sangat khawatir tak ada yang peduli," Adele mengatakan kepada Elvis Duran, host radio, pada 23 Oktober lalu, beberapa jam setelah Hello dirilis.

Namun, ketakutannya jelas tidak berdasar. "Sungguh menakjubkan, semangat dan emosi Adele dapat disalurkan pada sebuah lagu," Russ Borris, music director radio WFUV New York berkomentar, "Dia adalah salah satu dari sedikit seniman yang membuat Anda merasa apa yang dirasakannya dalam sebuah lagu empat menit." (AFP/Ant/billboard.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home