Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 15:06 WIB | Rabu, 15 Juli 2015

Lampaui Ekspektasi, PDB Kuartal Kedua Tiongkok Naik 7 Persen

Ilustrasi – Seorang investor mengamati pergerakan saham di sebuah kantor pialang saham di Beijing, Tiongkok, pada hari Selasa (7/7). (Foto: voaindonesia.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Perekonomian Tiongkok meningkat tujuh persen dibandingkan tahun sebelumnya di kuartal kedua atau melampaui perkiraan meski terdapat hambatan di sektor investasi dan perdagangan yang lemah.

Menurut AFP  pada Rabu (15/7), data yang berasal dari Biro Statistik Nasional  (NBS) tersebut sesuai dengan ekspansi tujuh persen di tiga bulan pertama tahun ini, dan melampaui perkiraan sedang 6,9 persen

 Angka  tersebut termasuk dalam  survei AFP yang dilakukan 14 ekonom.

Perekonomian Tiongkok, negara dengan perekonomian terbesar kedua dunia, meningkat 7,4 persen pada tahun lalu, lebih lambat dari 7,7 persen pada 2013, dan pertumbuhan tahunan terlemahnya sejak 3,8 persen pada 1990.

NBS juga mengatakan bahwa hasil industri, yang mengukur produksi di pabrik, workshop dan pertambangan, naik 6,8 persen dibandingkan pada Juni.

Penjualan retail, indikator utama belanja konsumen, meningkat 10,6 persen pada bulan lalu dari tahun sebelumnya, ungkap NBS, seraya menambahkan bahwa investasi aset tetap, ukuran belanja pemerintah pada infrastruktur, melonjak 11,4 persen pada Januari sampai Juni dibandingkan tahun sebelumnya. (AFP).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home