Loading...
HAM
Penulis: Ignatius Dwiana 07:13 WIB | Jumat, 15 Mei 2020

Layanan Persalinan Afghanistan Diserang

Layanan persalinan di Kabul yang diserang. (Foto: Dokumen MSF)

AFGHANISTAN, SATUHARAPAN.COM - Layanan persalinan Médecins Sans Frontières (MSF, Dokter Lintas Batas) di rumah sakit Dasht-e-Barchi di Kabul, Afghanistan, diserang.

Layanan persalinan di daerah barat Kabul ini berkapasitas 55 tempat tidur pada 2014. Sejak awal tahun, 5.401 bayi telah dilahirkan di tempat bersalin dan 524 bayi dirawat di unit bayi baru lahir dan unit perawatan metode kanguru untuk perawatan kritis. 

Serangan ini mengakibatkan beberapa pasien terbunuh. Selain itu ada indikasi setidaknya satu kolega nasional juga terbunuh. Demikian rilis yang diterima (13/5).

Sementara wanita hamil dan bayi mencari perawatan kesehatan di salah satu negara paling rentan tetapi justru sejumlah orang menyerbu fasilitas persalinan. Serangkaian ledakan dan tembakan pun berlangsung berjam-jam.

MSF mengutuk tindakan kekerasan pengecut tidak masuk akal yang mengakibatkan hilangnya korban jiwa dan hilangnya akses perawatan kesehatan bagi perempuan dan anak-anak di Kabul. Padahal aksesnya sudah terbatas.

Tim medis MSF tetap berupaya menindaklanjuti kelahiran baru di fasilitas persalinan dengan memastikan perawatan terbaik untuk pasien mereka dan mereka yang terluka. Juga memberikan perawatan psikologis kepada staf yang terdampak dan untuk memberikan setiap dukungan yang diperlukan kepada mereka yang berduka.

Sementara kegiatan medis dalam persalinan Dasht-e-Barchi ditangguhkan, tetapi tidak ditutup. Pasien dievakuasi ke rumah sakit di sekitarnya dan staf dibawa ke tempat yang aman.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home