Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:42 WIB | Kamis, 28 November 2013

Liga Champions: Shakhtar Donetsk Bantai Sociedad

Liga Champions: Shakhtar Donetsk Bantai Sociedad
Carlos Vela (kaus biru putih), tidak dapat melewati kiper Shakhtar, Andry Piatov (seragam hijau). (foto-foto:uefa.com)
Liga Champions: Shakhtar Donetsk Bantai Sociedad
Carlos Vela gagal melewati hadangan Dario Srna (kaus oranye,hitam) dari Shakhtar Donetsk.

DONETSK, SATUHARAPAN.COM – Shakhtar Donetsk selaku juara Liga Ukraina musim lalu memantapkan langkahnya di posisi kedua penyisihan grup A Liga Champions setelah membantai tamunya Real Sociedad 4-0, pada pertandingan yang berlangsung Kamis (28/11) dini hari WIB di Stadion Donbas Arena, Donetsk, Ukraina.

Kemenangan telak tersebut sekaligus menandai berakhirnya langkah Real Sociedad yang terpuruk di dasar klasemen dengan nilai satu, dengan satu nilai.

Real Sociedad takluk oleh gol-gol Donetsk yang dicetak penyerang Luiz Adriano, gelandang Alex Teixeira dan sepasang gol Douglas Costa

Salah seorang gelandang Donetsk, Teixeira mengawali peluang emas bagi Shakhtar setelah bola yang dia lepaskan dari jarak jauh menguji ketahanan Claudio Bravo pada menit ke-13

Bernard menciptakan peluang lagi tujuh menit kemudian bagi Shakhtar, setelah menyisir sisi kiri lapangan Sociedad, tetapi usahanya sia-sia setelah bola hasil tendangan Bernard menyamping di sisi kiri gawang Sociedad.

Pada menit ke-23, Shakhtar unggul lewat Luiz Adriano, sebelumnya Diego Costa mengirim umpan ke tiang dekat Sociedad. Bola hasil sundulan Luiz Adriano lebih cepat memasuki gawang daripada reaksi penjaga gawang Claudio Bravo yang terlambat sepersekian detik melihat bola bersarang di gawangnya.

Inigo Martinez berusaha keras menyamakan kedudukan bagi Sociedad menjelang babak pertama berakhir dengan melepas tendangan dari luar kotak penalti, tetapi bola jauh dari gawang Shakhtar.

Teixeira menambah keunggulan Shakhtar pada menit ke-48, sebelumnya Inigo Martinez melakukan kesalahan di lini belakang Sociedad, dan dengan kaki kiri dia berhasil menambah keunggulan Shakhtar.

Douglas Costa dan Teixeira mengarsiteki gol ketiga Shakhtar lewat kerja sama dua pemain ini Shaktar dapat meraih gol ketiga, berawal dari serangan balik yang langsung menempatkan bola operan dari Teixeira ke Douglas Costa pada menit ke-60, gol terakhir Shakhtar kembali diciptakan Douglas Costa pada menit ke-88.

Dengan kemenangan ini masih terbuka peluang Shakhtar Donetsk untuk lolos ke babak 16 besar, karena mereka sekarang ada pada peringkat kedua dengan poin delapan, menggeser Bayer Leverkusen yang pada pertandingan lain tunduk malu dibantai tamunya, Manchester United 0-5. Leverkusen berada pada peringkat ketiga grup A dengan tujuh poin.

Susunan pemain:

Shakhtar Donetsk: A. Pyatov, D. Srna, O. Kucher, V. Shevchuk, Y. Rakitskiy, Alex Teixeira, T. Stepanenko, Douglas Costa, Bernard, Fred, Luiz Adriano. 

Real Sociedad: C. Bravo, Ansotegi, De La Bella, Inigo Martínez, L. Cadamuro, G. Castro, Xabi Prieto, Elustondo, Rubén Pardo, C. Vela, A. Griezmann. 

Hasil lengkap Liga Champions lainnya: CSKA Moskow 1-3 Bayern Munchen, Bayer Leverkusen 0-5 Manchester United, Shakhtar Donetsk 4-0 Real Sociedad, Real Madrid 4-1 Galatasaray, Juventus 3-1 FC Copenhague, RSC Anderlecht 2-3 Benfica, Paris Saint-Germain 2-1 Olympiakos Piraeus, Manchester City FC 4-2 Viktoria Plzen.  (soccerway.com/ uefa.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home