Loading...
EKONOMI
Penulis: Kartika Virgianti 15:10 WIB | Rabu, 06 November 2013

Lima Lokasi Pasar Rakyat Sebagai Pilot Project di Jakarta

Lima Lokasi Pasar Rakyat Sebagai Pilot Project di Jakarta
Pasar Rakyat mulai dibangun. (Foto-foto: Kartika V.)
Lima Lokasi Pasar Rakyat Sebagai Pilot Project di Jakarta
Rencana pembangunan proyek pasar rakyat di Pasar Nangka Bungur.
Lima Lokasi Pasar Rakyat Sebagai Pilot Project di Jakarta
Rencana pembangunan proyek pasar rakyat di Pasar Kebon Bawang.
Lima Lokasi Pasar Rakyat Sebagai Pilot Project di Jakarta
Rencana pembangunan proyek pasar rakyat di Pasar Duri.
Lima Lokasi Pasar Rakyat Sebagai Pilot Project di Jakarta
Rencana pembangunan proyek pasar rakyat di Pasar Manggis.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala PD. Pasar Jaya, Djangga Lubis mengatakan rencana proyek pembangunan pasar rakyat telah direncanakan di lima lokasi di Jakarta yang akan dijadikan sebagai Pilot Project. Ia mengungkapkan pada peletakan batu pertama, Rabu (6/11) di Pasar Manggis, Jakarta Selatan.

Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan yang pemancangan pertamanya diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menampung sebanyak 384 tempat usaha. Pasar Pesanggrahan, Jakarta Selatan menampung 161 tempat usaha. Pasar Kebon Bawang, Jakarta Utara menampung 119 tempat usaha. Pasar Kampung Duri, Jakarta Barat menampung 108 tempat usaha. Pasar Nangka Bungur menampung 163 tempat usaha.

Pasar rakyat ini diperuntukkan bagi pedagang existing (pedagang lama) dan pedagang ekonomi lemah yang nantinya akan diberikan perlakuan khusus dengan kebijakan gratis biaya sewa yang selama ini dianggap memberatkan pedagang, namun tetap akan dibebankan untuk biaya pengelolaan pasar (BPP) atau biasa disebut biaya retribusi, listrik dan air sesuai ketentuan dan pemakaiannya.

Pembangunan kelima pasar rakyat tersebut mengeluarkan dana sebesar 50 miliar rupiah yang berasal dari CSR (corporate social responsibility), yakni diambil dari kompensasi pembangunan Pasar Benhil (Bendungan Hilir) oleh pihak ketiga atau pengembang PT. Kurnia Jaya Reality.

Pembangunan ditargetkan 6-7 bulan ke depan berdasarkan informasi Djangga Lubis. Pedagang pasar rakyat mendapat perlakuan khusus yaitu kebijakan gratis sewa tempat usaha, hanya membayar service charge, keamanan, kebersihan, listrik dan air.

Selain itu pedagang dilarang menjual, mengalihkan atau mengontrakkan kepada siapa pun. Dalam hal ini, Djangga mengatakan akan dibuat kontrak satu tahun yang akan diperpanjang 1 tahun berikutnya.

Pasar Manggis Jakarta Selatan yang saat ini dalam tahap pembangunan, pedagang sudah ada di tempat penampungan sementara (TPS). Sedangkan Pasar Pesanggrahan, Jakarta Selatan sekarang dalam tahap pembongkaran gedung lama. Pasar Kebon Bawang, Jakarta Utara dalam tahap proses persiapan pembangunan. Pasar Kampung Duri, Jakarta Barat sedang dalam proses persiapan pembangunan. Dan Pasar Nangka Bungur, Jakarta Pusat masih dalam proses pembangunan TPS, jadi pedagangnya masih berjualan di bangunan lama.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home