Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:26 WIB | Kamis, 26 Mei 2016

LKPP Perkuat Industri Dalam Negeri

Ilustrasi. Alat penyapu jalan yang pengadaannya harus melalui LKPP. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pembelian barang melaui Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) selain lebih cepat dan transparan juga memiliki manfaat lain yaitu memberikan peluang ke industri dalam negeri.

“Contohnya industri alat kesehatan di Yogya dan Solo, mereka tetap berkembang, begitu juga dengan karoseri bus MAN ada di Kudus, semuanya menggunakan aluminum lokal," kata dia di acara ‎Bersama LKPP Membangun Pengadaan Barang Dan Jasa Yang Transparan di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, hari Kamis (26/5).

Percepatan pembelian menggunakan e-Katalog LKPP menurutnya juga ‎mempercepat sejumlah pekerjaan misalnya hotmix jalan. Saat ini, kata dia, pembelian alat berat, truk sampah, bus, dan truk sampah oleh Pemprov DKI langsung menggunakan e-Katalog LKPP.

"Kita bisa langsung hotmix jalan dengan alat sendiri, sisa garukan jalan bisa dipergunakan lagi di rusun. Kalau dulu garuk jalan hitung kontraktor, dia buang kita tak bisa ambil, harganya bisa lebih mahal lagi," katanya.

Menurut dia, kebijakan pembelian barang dari LKPP harus didukung karena dapat mempermudah seluruh pekerjaan yang ada misalnya di bidang kesehatan.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home