Loading...
FOTO
Penulis: Sabar Subekti 15:55 WIB | Minggu, 29 Desember 2013

Lovely December di Tana Toraja

Lovely December di Tana Toraja
Beberapa perempuan Toraja membawakan Tari Sadaon. (Foto-foto: Ant)
Lovely December di Tana Toraja
Mangrara tongkonan.
Lovely December di Tana Toraja
Mapalaga tedong.

RANTEPAO, SATUHARAPAN.COM – Bulan desember ini pemerintah daerah Toraja Utara, Sulawesi Selatan,  menyelenggarakan kegiatan pariswisata yang dikenal sebagai Lovely December. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan sejak beberapa tahun terakhir.

Berbagai kegiatan yang berakar pada mudaya masyarakat setempat diselenggarakan untuk mengudang wisatawan domestik maupun manca negara, termasuk kerabat yang pulang ke kota kelahiran pada liburan akhir tahun.

Sejumlah kegiatan yang diselenggarakan adalah mapasilaga tedong atau adu kerbau yang diselenggarakan di Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan,  pada hari Sabtu (28/12). Adu kerbau merupakan salah satu bagian pesta adat rambu solo atau upacara pemakaman.

Selain itu, di Kabupaten Toraja Utara diselenggarakan karnaval . Karnaval ini menampilkan antara lain Tarian Sandaon. Sementara di Sangalla, Tana Toraja, warga suku Toraja mengarak tandu hias yang berisi babi untuk pesta adat mangrara tongkonan.

Mangrara tongkonan merupakan salah satu tradisi masyarakat Toraja untuk mensyukuri tongkonan (rumah adat toraja) baru dengan tujuan mempersatukan kembali rumpun keluarga besar mereka.

Lovely December merupakan acara puncak dari ejumlah kegiatan yang dilakukan pada bulan-bulan sebelumnya. Kegiatan tersebut  antara lain pameran kerajinan, pertunjukan permainan rakyat, kemping rohani, rafting, tour sepeda,  festival Sungai Maiting, dan sejumlah pentas budaya. Selain itu juga diselenggarakan Kombongan (musyawarah) adat. 

Dalam budaya Toraja kombongan atau makombongan merupakan pertemuan secara adat untuk membahas berbagai hal, termasuk mengambil keputusan atas masalah yang dihadapi. Keputusan adat akan ditaati oleh yang bersangkutan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home