Loading...
FOTO
Penulis: Elvis Sendouw 17:56 WIB | Kamis, 07 Agustus 2014

LSI: Publik Lelah dengan Proses Pilpres

LSI: Publik Lelah dengan Proses Pilpres
LSI saat melakukan hasil survei terkait pilpres 2014. (Foto-foto: Elvis Sendouw)
LSI: Publik Lelah dengan Proses Pilpres
Hasil suara dari survei LSI melihat pasangan Jokowi-JK yang unggul dalam survei.
LSI: Publik Lelah dengan Proses Pilpres
Hasil survei LS dari masyarakat Jokowi-JK unggul di pemilih berpendidikan tinggi.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut mayoritas publik saat ini sudah lelah dengan proses Pilpres, sehingga mengharapkan penyelesaian sengketa pemilu melalui Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan jalan terakhir dan konstitusional yang dilakukan pihak yang kalah.

Berdasarkan hasil survei tertanggal 4-6 Agustus 2014 yang dilakukan terhadap 1.200 responden, 78,11 persen responden mengharapkan sengketa pemilu berakhir jika gugatan ditolak MK, sedangkan 14,59 persen ingin sengketa bisa berlanjut dengan langkah hukum lain, dan 7,30 persen tidak tahu/tidak menjawab.

"Artinya, publik sudah lelah dengan proses ini," kata peneliti LSI Ade Mulyana dalam konferensi pers di kantor LSI Jakarta, Kamis (7/8).

Temuan dan analisis survei nasional, LSI yang bertajuk "Network Head to head" dukungan Prabowo-Jokowi Pascakeputusan Resmi KPU itu dilakukan dengan metode "quickpoll" melalui "smartphone" dengan tingkat "margin error" 2,9 persen.

Ade menyebut, seluruh pihak tentu harus menghormati apapun putusan MK, baik itu memutuskan adanya pemungutan suara ulang Pilpres, maupun jika menolak gugatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.<

Namun, dia mengatakan tidak bisa dipungkiri bahwa fakta mayoritas publik menginginkan proses pilpres segera berakhir.

Dia mengatakan apabila pemilu dilakukan saat ini pun pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla tetap memperoleh suara mayoritas, bahkan meningkat dibandingkan perolehan suara pada Pilpres 9 Juli 2014 lalu. (ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home