Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 16:49 WIB | Senin, 27 Juni 2016

Luhut: Brexit Untungkan Indonesia

Kapolri Jendral Jenderal Pol Badrodin Haiti (kanan) bersama Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan (kiri) memberikan santunan kepada santri di Pondok Pesantren Asy Syafiiyah, Kedungwungu, Indramayu, Jawa Barat, hari Jumat (24/6). Kapolri Bersama Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan melakukan sosialisasi guna mencegah paham radikalisme dan bahaya narkoba kepada sejumlah ulama dan santri di ponpes tersebut. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hasil referendum yang memenangkan keputusan keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau disebut "Brexit" memberikan sejumlah keuntungan bagi Indonesia.

Menurut Luhut, salah satunya adalah reaksi pasar terhadap keputusan referendum Brexit membuat poundsterling melemah sampai 10-11 persen, kemudian yen menguat. Kondisi ini bisa berdampak baik ke Indonesia dengan ekspor Inggris bisa lebih murah sedangkan ekspor dari Jepang jadi kurang kompetitif.

"Mungkin Indonesia jadi salah satu pilihan untuk mereka datang kemari," tutur Luhut di Jakarta, hari Senin (27/6).

Luhut sebelumnya menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres membicarakan salah satunya terkait dampak Brexit.

Dia mengatakan, Brexit bisa memberi dampak positif maupun negatif bagi Indonesia, karena itu Pemerintah harus menyiapkan diri terlebih lagi jika UU "Tax Amnesty" atau pengampunan pajak sudah jalan.

"Perputaran uang pasti akan banyak, mungkin dalam properti atau bisnis- bisnis lain. Kalau suasana atau iklim investasi kita bagus, keamanan kita bagus, tentu ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mereka datang ke Indonesia," tambah dia.

Menurut dia banyak investasi yang bisa ditawarkan Indonesia seperti infrastruktur, ekonomi, "hydropower" juga termasuk perdagangan.

Namun, ia mengaku masih terlalu dini berkomentar mengenai dampak Brexit, tapi kesiapan perlu dilakukan dan semua kemungkinan yang terjadi telah dihitung dengan cermat. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home