Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:55 WIB | Minggu, 06 Februari 2022

Luhut: Kasus COVID Meningkat, Warga Lansia Diminta Tetap di Rumah

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dandiaga Uno, dan Presiden Joko Widodo, berbicang di tengah kunjungan ke Sumatera Utara, hari Jumat (4/2). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, selaku Wakil ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), meminta warga usia lanjut di atas 60 tahun yang belum melakukan vaksinasi dan memiliki komorbid untuk tidak keluar rumah dalam dua pekan hingga sebulan ke depan.

Permintaan itu untuk mencegah penyebaran COVID-19 di tengah meningkatnya jumlah kasus varian Omicron saat ini. "Saya usul dua minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang yang saya sebut tadi, kriteria 60 tahun ke atas, eloknya tinggal di rumah dahulu, (untuk) sementara," katanya pada  acara ulang tahun Ke-96 Nahdlatul Ulama di Nusa Tenggara Timur, hari Sabtu (5/2).

"Buat teman-teman yang umurnya 60 tahun ke atas dan belum divaksin serta punya komorbid, saya sarankan jangan keluar dari rumah," katanya.

Luhut mengungkapkan saat ini kasus COVID-19 meningkat, dan data Satgas Penanganan COVID-19, hari Sabtu mencatat kasus baru sebanyak 33.729 orang dalam satu hari. Sebagian besar, kata dia, orang yang belum divaksin lengkap, berusia di atas 60 tahun dan memiliki komorbid.

Namun, Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa Bali, meminta masyarakat tidak panik, karena data pemerintah menunjukkan bahwa perawatan akibat varian baru itu relatif singkat. "Tetapi tidak boleh nganggap enteng Omicron karena virus ini juga bisa merusak tubuh kita," katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home