Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:22 WIB | Kamis, 17 November 2016

Lukisan De Kooning Terjual Rp 887 Miliar di Lelang

Seorang pejabat balai lelang Christie berbicara di depan lukisan "Untitled XXV" karya Willem de Kooning di New York, hari Selasa (15/11). (Foto: dailymagazine.news)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Hasil karya Willem de Kooning ‘Untitled XXV’ terjual di balai lelang Christie's di New York dengan harga 66,3 juta dolar AS (sekitar Rp 887,4 miliar), pada hari Selasa (15/11), sebuah rekor untuk karya dari seniman abstrak dan seni kontemporer pascaperang itu.

Karya mengagumkan itu, berukuran 2 x 2,2 meter, dilukis oleh seniman keturunan Belanda-Amerika tersebut pada 1977 dan menjadi simbol untuk gaya karyanya di era pertengahan 1970-an yang enerjik dan berwarna.

Balai lelang Christie's awalnya menawarkan harga 40 juta dolar AS (sekitar Rp 535,4 miliar) untuk ‘Untitled XXV’. Sebelumnya, lukisan yang sama tersebut terjual seharga 27,1 juta dolar AS (sekitar Rp 362,7 miliar), sebuah rekor pada saat itu, ketika dilelang 10 tahun lalu.

Penawarannya dilakukan melalui telepon, identitas pembelinya tidak disingkap.

Musim lelang New York dimulai pekan ini dengan sejumlah mahakarya dan menarik para penawar dari seluruh dunia di balai lelang Christie's dan Sotheby's. 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home