Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:46 WIB | Selasa, 12 Mei 2015

Lukisan Pablo Picasso Pecahkan Rekor Harga Tertinggi

Les femmes d'Alger karya Pablo Picasso. (Foto: Istimewa)
NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Sebuah lukisan minyak karya pelukis Spanyol, Pablo Picasso di tahun 1955 berjudul Les femmes d'Alger (versi O) telah memecahkan rekor lukisan paling mahal yang dijual di lelang. 
 
Les femmes d'Alger atau Women of Algeirs yang menggambarkan perempuan telanjang, terjual 160 juta dolas AS dalam lelang barang seni di Balai Lelang Christie di New York, Minggu (10/5).
 
Sebelumnya Christie memperkirakan lukisan akan terjual di kisaran 140 juta, namun dalam sebelas menit sesi lelang beberapa penawar bersaing melalui telepon hingga mencapai 160 juta dolar, atau  total 179.365.000 dolar AS termasuk komisi untuk Christie.
 
Rekor dunia sebelumnya untuk sebuah lukisan yang dijual di balai lelang adalah 142,4 juta dolar AS untuk sebuah karya pelukis Inggris Francis Bacon Three Studies of Lucian Freud juga terjual di Balai Lelang Christie pada tahun 2013.
 
Lukisan Picasso ini merupakan lukisan akhir dari serangkaian 15 lukisan berjudul Les femmes d'Alger yang dibuat antara tahun 1954-1955 yang ditandai dengan huruf A hingga O (versi A hinga versi O).

Les femmes d'Alger dibuat Picasso berdasarkan sebuah lukisan karya Eugene Delacroix tahun 1834 berjudul Women of Algiers yang menggambarkan selir-selir Aljazair di apartemen mereka sedang berbaring dan mengisap shisa. Les femmes d'Alger dia buat beberapa versi sampai ia merasa puas dengan hasilnya di kanvas ukuran 1,2 kali 1,5 meter (versi O). 

Pablo Picasso atau Pablo Ruiz Picasso lahir di Malaga Spanyol, 25 Oktober 1881. Dia adalah pelukis, pematung, seniman grafis, desainer panggung, penyair, dan dramawan yang menghabiskan sebagian besar masa dewasanya di Prancis.
 
Picasso menjadi salah satu seniman terbesar dan paling berpengaruh abad ke-20, dia meninggal pada 8 April 1973 di Prancis. (AFP)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home