Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:26 WIB | Jumat, 28 Agustus 2015

MacGyver Masuk dalam Kamus Oxford

MacGyver Masuk dalam Kamus Oxford
MacGyver, serial TV dekade 80, tidak mengandalkan senjata api tapi mengandalkan kombinasi ketrampilan dan kecerdikan. (Foto: bbc.com)
MacGyver Masuk dalam Kamus Oxford
Richard Dean Anderson, pemeran utama serial TV MacGyver, dulu dan sekarang (kiri-kanan). (Foto: au.entertainment.yahoo.com)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM - MacGyver tidak mengandalkan senjata api tapi mengandalkan kombinasi keterampilan dan kecerdikan. Kata MacGyver, yang merupakan judul seri TV pada masa 1980-an, kini masuk dalam Kamus Oxford yang bergengsi. Apakah artinya?

Jika Anda membetulkan gagang pintu dengan menggunakan gantungan baju, maka artinya Anda sudah MacGyvered-nya. Dan apakah Anda melihat pembersih kaca mobil ayah Anda lepas? MacGyver saja dengan menggunakan selotip.

Tak banyak seri TV yang bisa masuk ke dalam kamus, namun MacGyver berbeda dari seri-seri lainnya.

Serial TV MacGyver dibintangi Richard Dean Anderson yang berperan sebagai Angus MacGyver. Sebagai jagoan, dia tidak mengandalkan senjata api, namun mengandalkan keterampilan teknis yang dipadu dengan kecerdikan.

Misalnya, dia menggunakan teropong untuk menangkis sinar laser, atau membuat tabir asap dengan menggunakan soda pembuat roti, dan cuka.

Menggunakan yang Ada di Tangan

Dari Wikipedia bisa dilihat masalah-masalah yang berhasil diatasi oleh MacGyver. Seri TV itu mengudara antara tahun 1987 hingga 1992, namun masih disiarkan di beberapa saluran TV ulangan, sehingga MacGyver tetap populer.

Robot yang bisa menciptakan peralatan kerja, misalnya, diberi nama MacGyver Bot dan kompetisi para insinyur perempuan disebut MacGyver Masa Depan.

MacGyver sudah lebih dulu masuk dalam Kamus Perkotaan, yang artinya: "Seseorang yang bisa menghidupkan truk dengan menggunakan kaktus.'

Namun, di Kamus Oxford, MacGyver artinya: 'membuat atau memperbaiki sesuatu dengan improvisasi dan cara kreatif, menggunakan apa pun yang ada di tangan'. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home