Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:38 WIB | Kamis, 02 Juni 2016

Mahasiswa UGM Buat Alat Bantu Toileting Pasien Bedrest

Mahasiswa UGM membuat alat untuk membantu toileting pasien bedrest. (Foto: ugm.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pertambahan usia akan menyebabkan penurunan fungsi tubuh manusia. Salah satunya adalah penurunan fungsi otot dan juga keseimbangan tubuh. Hal ini menyebabkan banyak lansia mengalami tirah baring (bedrest). Tirah baring sendiri merupakan suatu perawatan kedokteran yang membutuhkan berbaringnya pasien di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama.

Selain faktor usia, ada beberapa kasus yang menyebabkan seseorang harus menjalani tirah baring. Misalnya, seseorang yang mengalami patah tulang, stroke, kehamilan yang memiliki risiko tinggi perdarahan dan penyakit jantung.

Pasien bedrest, akan mengalami kesulitan dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar (toileting). Pasien perlu menggunakan popok, kateter, atau menggunakan pispot.

“Penggunaan alat-alat tersebut memiliki beberapa dampak risiko seperti infeksi, ruam popok, dan juga iritasi. Bagi sebagian orang penggunaan alat-alat tersebut juga dirasa kurang nyaman,” kata Mia Purnama, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, hari Kamis (2/6) di kampus setempat, seperti dikutip dari situs ugm.ac.id.

Melihat kondisi itu Mia bersama Agitta Tri Putra (Fakultas Teknik), Fatwa Januarya (Fakultas Teknik), Yudan Rudi (Fakutas Teknik), dan Farhan Tandia (Fakultas Teknik), tergerak mengembangkan alat untuk mengatasi persoalan itu. Mereka berupaya menciptakan suatu alat yang dapat membantu pasien dengan tirah baring dalam melakukan kebutuhan toileting.

Mia mengatakan, alat didesain seperti tempat tidur dan dipasang suatu alat yang dapat digunakan untuk toileting pasien. Ketika pasien akan buang air besar atau buang air kecil, pasien dapat membuka dan menutup alat pispot secara otomatis, melalui tombol yang ada di samping pasien.

Sementara untuk melakukan pembersihan area genital, dapat dilakukan dengan mengaktifkan pompa menggunakan sensor tangan dari pasien. Selang air secara otomatis akan melakukan pembersihan pada area genital pasien.

“Selain untuk memudahkan pasien, alat ini juga diharapkan mampu menciptakan kemandirian pasien yang mengalami tirah baring atau bedrest,” kata dia.

Selain dapat diaplikasikan di rumah sakit, nantinya alat ini dapat digunakan untuk pasien yang melakukan perawatan di rumah. Dengan demikian, dapat memudahkan anggota keluarga dalam merawat sanak-saudaranya yang mengalami tirah baring.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home