Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 12:31 WIB | Senin, 27 Februari 2017

Mahershala Ali, Aktor Ahmadiyah Peraih Oscar

Mahershala Ali dan Piala Oscarnya. (Foto: Getty Images/RTE)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Media Barat banyak mencantumkan judul "Mahershala Ali, Muslim Pertama Pemenang Oscar", begitu Mahershala Ali diumumkan sebagai pemenang Penghargaan Oscar 2017 kategori aktor pendukung terbaik, Minggu (26/2) atau Senin pagi waktu Indonesia. Pada tahun 1962, aktor berdarah Mesir, Omar Sharif, masuk jajaran nominasi peraih penghargaan Oscar melalui perannya dalam Lawrence of Arabia, namun gagal membawa pulang piala. 

Ali, aktor Amerika Serikat, kelahiran 1974, mengalahkan nominator lain, Dev Patel (Lion), Lucas Hedges (Manchester by The Sea), Michael Shannon (Nocturnal Animals), dan Jeff Bridges (Hell or High Water), melalui perannya sebagai mentor pengedar obat-obatan terlarang dalam film Moonlight.

Ia sempat menyalami aktor Jeff Bridges sebelum menuju panggung untuk menerima Piala Oscar.

Dalam sambutannya, Mahershala mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada sejumlah nama yang disebutnya sebagai guru. "Mereka secara terus-menerus mengatakan kepada saya bahwa ini bukanlah tentang Anda, tetapi tentang karakter yang Anda mainkan," katanya bersemangat, seperti dikutip dari BBC.

Ia, seperti diberitakan huffingtonpost.com, juga berterima kasih kepada istrinya, Amatus Sami-Karim dan anak perempuannya, Bari Najma, yang baru saja lahir 22 Februari lalu.

Mahershala Ali menjadi aktor pertama yang menerima penghargaan Oscar 2017 dalam perhelatan yang digelar di Dolby Theater, Los Angeles, AS, Minggu (26/2) itu.

Ali dilahirkan dengan nama Eric Gilmore, di Oakland, California, 16 Februari 1974, dari keluarga Kristen. Ia mengganti namanya menjadi Mahershalalhashbaz "Mahershala" Ali, ketika berganti keyakinan dan tercatat sebagai anggota Komunitas Muslim Ahmadiyah.

Keputusan untuk mengganti keyakinan tidak mengubah hubungannya yang sangat dekat dengan ibunya, Willicia, seorang pendeta. Semangat toleransi itu ia ungkapkan dalam pidato ketika menerima penghargaan sebelumnya, saat meraih gelar terbaik kategori aktor pendukung di ajang Screen Actor’s Guild Award sebelumnya. Ali juga sudah mengantongi penghargaan terbaik di ajang Critics' Choice Award. Ia gagal meraih terbaik di ajang Golden Globe.

Hingga tahun 2010 Ali dikenal dengan nama Mahershalalhashbaz Ali. Kemampuan aktingnya, seperti dapat dibaca di Wikipedia, dapat dinikmati melalui karakter Remy Danton dalam serial Netflix yang terkenal, House of Cards. Ia juga tampil berperan sebagai Cornell Stokes dalam Luke Cage, juga sebagai Colonel Boggs dalam The Hunger Games: Mockingjay - Part 1 serta The Hunger Games: Mockingjay - Part 2, dan Tizzy dalam film The Curious Case of Benjamin Button (2008).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home