Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 10:56 WIB | Senin, 27 Februari 2017

Sutradara Iran Asghar Farhadi Raih Oscar Keduanya

Sutradara Asghar Farhadi. (Foto: Dok satuharapan.com/nytimes.com/Habib Majidi/Amazon Studios)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Sutradara Iran, Asghar Farhadi, untuk kedua kali, meraih Academy Award, yang lebih dikenal dengan nama Piala Oscar. Tahun ini ia meraih Piala Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik melalui filmnya, The Salesman.

Farhadi, seperti dilaporkan theguardian.com, tidak hadir di malam penyerahan penghargaan tertinggi untuk pelaku industri perfilman Amerika Serikat, 89th Academy Awards, yang berlangsung di Los Angeles, Minggu (26/2) atau Senin (27/2) waktu Indonesia.

Sutradara Iran berusia 44 tahun itu, sebelumnya meraih Oscar pada tahun 2012, untuk kategori yang sama, melalui film A Separation. Melalui kemenangan yang kedua kali ini, pengamat perfilman pun menyejajarkannya dengan sutradara sekaliber Federico Fellini dan Ingmar Bergman.  

Farhadi mengatakan sebenarnya ia telah merencanakan menghadiri acara di Los Angeles pada Minggu (26/2). Namun, perintah eksekutif yang ditandatangani oleh Presiden Trump pada 27 Januari ia nilai sangat tidak adil, "Saya bahkan tidak akan datang walaupun terjadi pengecualian yang harus dibuat untuk perjalanan saya," katanya dalam sebuah pernyataan yang dilansir situs nytimes.com saat itu.

Perintah yang dikeluarkan Presiden Trump melarang warga Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman, masuk ke Amerika Serikat selama 90 hari. Termasuk juga penangguhan semua pengungsi selama 120 hari, dan pelarangan untuk pengungsi Suriah tanpa batas.

Farhadi mengatakan, mempermalukan sebuah negara dengan alasan melindungi keamanan negara lain, bukan fenomena baru dalam sejarah. Menurut dia, hal itu selalu menjadi landasan terciptanya perpecahan dan permusuhan di masa mendatang.

"Karena itu saya mengecam ketidakadilan yang ditujukan kepada saudara sebangsa saya dan warga dari enam negara lain, yang berusaha masuk secara resmi ke Amerika Serikat," kata Farhadi.

"Saya berharap situasi yang terjadi sekarang tidak menyebabkan permusuhan di antara bangsa-bangsa," Farhadi mengakhiri pernyataannya. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home