Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 00:24 WIB | Senin, 12 Mei 2014

Manchester City Juarai Liga Inggris

Vincent Kompany (kiri) berebut bola dengan Andy Carroll (kanan, West Ham United). (Foto:fifa.com).

MANCHESTER, SATUHARAPAN.COM – Manchester City menjuarai Liga Inggris 2013-2014, kepastian ini mereka peroleh setelah mengandaskan West Ham United 2-0, Minggu (11/5) malam WIB di Stadion Etihad, Manchester.

Situasi kemenangan City sama seperti yang mereka jalani pada musim 2011-2012 saat mereka berpacu di menit-menit terakhir dengan “saudara sekotanya” Manchester United. Perbedaannya kini adalah City berpacu dengan Liverpool.

City mantap meraih gelar juara dengan nilai akhir 86 poin, sementara Liverpool yang mengandaskan Newcastle united 2-1 di pertandingan yang bersamaan tidak dapat berbuat banyak karena hanya mengumpulkan total nilai 84.

Peluang gol datang di menit ke-11 saat umpan silang Pablo Zabaleta dari sisi kanan sampai ke David Silva yang berdiri di tiang jauh. Tendangan gelandang yang dahulu ditransfer dari Valencia itu masih melayang di atas sasaran.
Gol yang menyemangati seisi stadion yang diisi pendukung City diawali oleh Samir Nasri menit ke-38, keputusan gelandang Prancis ini untuk melepaskan bola tendangan spekulasi tepat karena West Ham menumpuk banyak pemain di kotak penalti. Bola sepakan kaki kanan Nasri mengarah ke sisi jauh, membentur tiang gawang dan memantul ke dalam. City akhirnya unggul 1-0.
Setelah menuntaskan babak pertama dengan keunggulan satu gol, City langsung menyengat di awal babak kedua. Empat menit laga berjalan mereka berhasil menambah jumlah golnya melalui Vincent Kompany yang  membuat publik Etihad Stadium bergelora. Gol yang dia cetak dengan tendangan jarak dekat  membuat City memimpin 2-0.
Aguero nyaris membuat skor jadi 3-0 di menit 67 saat dia dapat umpan tarik dari Zabaleta di tiang jauh. Sayang sekali tandem Lionel Messi di tim nasional Argentina ini tidak sempurna mengeksekusi peluang  dan justru mengarahkannya ke kiper yang sudah mati langkah.

Musim ini City mencatat nilai akhir 86, hasil dari 27 kemenangan lima hasil imbang dan enam kekalahan.

Sementara Liverpool mengakhiri Liga Primer Inggris musim ini dengan kemenangan atas Newcastle United dengan skor 2-1. Liverpool terlihat gugup dengan persaingan juara Liga Inggris karena mereka kebobolan lebih dulu oleh gol bunuh diri Martin Skrtel.
Liverpool baru bisa membobol gawang Newcastle pada babak kedua. Gol-gol Daniel Agger dan Daniel Sturridge membuat mereka berhasil membalikkan keadaan.

Gelar ini merupakan trofi keempat Liga Inggris yang pernah diraih City, gelar juara terakhir yang mereka raih pada musim 2012-2013 mereka meraihnya di bawah arahan pelatih Roberto Mancini.

Rincian klub yang lolos ke kompetisi antar klub Eropa musim mendatang:

Liga Champions: Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal.

Liga Eropa: Everton.

Degradasi : Norwich City, Fulham, Cardiff City.

Hasil pertandingan lain: Cardiff City 1-2 Chelsea, Fulham 2-2 Crystal Palace, Hull City 0-2  Everton, Norwich City 0-2 Arsenal, Southampton 1-1 Manchester United, Sunderland 1-3 Swansea City, Tottenham Hotspur 3-0 Aston Villa, West Bromwich Albion 1-2 Stoke City. (fifa.com/soccerway.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home