Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:00 WIB | Selasa, 06 Desember 2016

Mantan Capres Partai Hijau AS Upayakan Penghitungan Ulang

Jill Stein. (Foto: Dok. satuharapan.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Mantan calon presiden Partai Hijau Jill Stein pada Senin (05/12) menggencarkan upayanya untuk memungkinkan penghitungan ulang pemilu dengan pergi ke Trump Tower di New York untuk mengumumkan bahwa gugatan federal sudah diajukan di Pennsylvania.

Stein memelopori upaya untuk memaksa penghitungan ulang di Michigan, Pennsylvania dan Wisconsin, basis pemilih Partai Demokrat tempat Donald Trump kalah ribuan suara atas Hillary Clinton.

Meskipun para ahli sudah mengatakan bahwa penghitungan ulang tidak akan menganulir kemenangan Trump sebagai presiden, Stein mengungkapkan tujuannya untuk menghindari kecurangan pemilihan umum di masa depan.

Stein berusaha mendapatkan biaya untuk penghitungan ulang, diperkirakan menelan biaya 9,5 juta dolar AS (sekitar Rp127 miliar), dengan sejauh ini menggalang dana sebesar 7,2 juta dolar AS (sekitar Rp96,3 miliar) dari lebih dari 130.000 donor, menurut situs kampanyenya.

Kantor kampanye Stein mengatakan pada Sabtu bahwa upaya untuk memungkinkan penghitungan ulang di Pennsylvania di pengadilan negara bagian sudah dibatalkan, menyebutkan kesulitan menggalang dana miliaran rupiah, tapi gugatan sebaliknya dilayangkan ke pengadilan federal pada Senin.

Pembela lingkungan dan kesehatan berusia 66 tahun tersebut, yang didukung oleh sekitar 20 pendukung di seberang jalan Trump Tower di Manhattan, membantah bahwa usahanya adalah upaya partisan untuk mendukung Partai Demokrat.

“Saya akan melakukan itu terlepas siapa pun pemenangnya,” ucap Stein. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home