Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:32 WIB | Kamis, 24 September 2015

Manufaktur Tiongkok Merosot ke Tingkat Terendah

Ilustrasi industri manufaktur di Tiongkok. (Foto: Istimewa)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Ukuran utama manufaktur Tiongkok menurun ke tingkat terendah dalam enam setengah tahun pada September, ungkap media ekonomi Caixin pada Rabu (23/9).

Angka awal untuk Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers' Index/PMI) mereka tercatat sebesar 47,0, turun dari angka yang tercatat pada Agustus dan meleset dari perkiraan.

Survei PMI tersebut dipantau ketat oleh investor di seluruh dunia guna menemukan petunjuk tentang kesehatan ekonomi Tiongkok, yang merupakan pendorong utama pertumbuhan global.

Bursa saham internasional dalam beberapa pekan terakhir diguncang oleh kekhawatiran atas kondisi perekonomian Tiongkok.

Hasil PMI di bawah 50 mengindikasikan bahwa sektor manufaktur mengalami kontraksi, sementara angka di atas 50 menunjukkan adanya ekspansi.

Angka perolehan untuk September adalah angka terburuk sejak perolehan 44,8 pada Maret 2009, dan turun dari angka akhir 47,3 pada Agustus. Angka tersebut juga di bawah perkiraan median 47,5 dalam jajak pendapat Bloomberg News.

“Penurunan tersebut mengindikasikan bahwa industri manufaktur negara itu telah mencapai tahap penting dalam proses transformasi struktural,” ungkap He Fan, kepala ekonom di Caixin Insight Group dalam sebuah pernyataan. (AFP)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home