Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 22:24 WIB | Sabtu, 10 Januari 2015

Mark Zuckerberg Pernah Diancam Mati Ekstremis Pakistan

Mark Zuckerberg. (Foto: csmonitor.com)

PALO ALTO, SATUHARAPAN.COM – Mark Zuckerberg, pendiri situs media sosial terbesar di dunia, Facebook, Jumat (9/1) mengaku pernah diancam dibunuh kelompok ekstrem Pakistan karena menolak menghapus orang memuat gambar Nabi Muhammad di halaman seorang pengguna.

Ia beralasan itu untuk membela kebebasan berpendapat yang ia perjuangkan. Ini terkait dengan pembantaian di kantor Tabloid Charlie Hebdo oleh kelompok teroris tiga hari lalu. Namun, apakah Facebook benar-benar membela kebebasan berpendapat, Keith Wagstaff, dari nbcnews.com menguaknya.

Wagstaff menulis bahwa setelah serangan teroris di Charlie Hebdo, slogan “Je Suis Charlie”—saya Charlie—seakan  telah menjadi teriakan mendukung kebebasan berbicara.

Ini dicetak di bagian bawah situs Apple, edisi bahasa Prancis. Di Twitter, 3,4 juta tweet dalam 24 jam memasukkan hashtag #JeSuisCharlie. Hal ini juga menjadi populer di Facebook, saat #JeSuisCharlie mengakhiri pesan dari pendiri layanan dan CEO, Mark Zuckerberg.

Ia menulis “Beberapa tahun  lalu, seorang ekstremis di Pakistan berjuang agar saya dihukum mati karena Facebook menolak untuk melarang konten tentang Muhammad yang menyinggung dirinya.

Kami mempertahankan konten ini karena suara yang berbeda—bahkan jika unggahan itu kadang-kadang ofensif—dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan lebih menarik.

Facebook selalu menjadi tempat orang-orang di seluruh dunia berbagi pandangan dan ide-ide mereka. Kami mengikuti hukum di setiap negara, tapi kami tidak pernah membiarkan satu negara atau sekelompok orang mendikte apa yang orang dapat bagi ke seluruh dunia.

Namun seperti yang saya merenungkan serangan kemarin dan pengalaman saya sendiri dengan ekstremisme, ini adalah apa yang kita semua harus menolak—sekelompok  ekstremis berusaha untuk membungkam suara-suara dan pendapat orang lain di seluruh dunia.

Saya  tidak akan membiarkan hal itu terjadi di Facebook. Saya berkomitmen untuk membangun layanan tempat Anda dapat berbicara dengan bebas tanpa takut kekerasan.

Saya bersama dengan korban, keluarga mereka, orang-orang Prancis dan orang-orang di seluruh dunia yang memilih untuk berbagi pandangan dan ide-ide mereka, bahkan ketika itu membutuhkan keberanian. #JeSuisCharlie”

Tulisan Zuckerberg tersebut mengumpulkan tanda suka sekitar 400 ribu. Tapi tidak semua orang setuju bahwa Facebook tidak pernah membiarkan “satu negara atau sekelompok orang mendikte apa yang orang dapat berbagi di seluruh dunia,” seperti kata Zuckerberg. Itu termasuk beberapa orang yang berkomentar di bawah posting Zuckerberg, banyak dari mereka yang terdaftar lokasi mereka seperti di Pakistan atau Timur Tengah.

“Saya tidak menjadi ‘ekstremis lain’ dari Pakistan, tapi harus ada pedoman yang tepat seperti apa yang tepat dan apa yang tidak,” tulis seorang pengguna Facebook yang berbasis di Lahore.

Ini juga termasuk Jillian York, direktur kebebasan berekspresi internasional di Electronic Frontier Foundation.

“Ketika Mark Zuckerberg mengatakan itu, ia tidak bersungguh-sungguh,” York mengatakan kepada NBC News dari Berlin. “Saya tidak berpikir Facebook benar-benar memperjuangkan kebebasan berbicara.”

Dia menunjuk secara khusus untuk Pakistan.

Sebagai hasil dari permintaan pemerintah, Facebook menghapus 1.773 keping konten di Pakistan pada semester pertama tahun 2014, menurut laporan transparansi terbaru perusahaan itu. Pakistan hanya mengekor India dan Turki, dengan 4.960 dan 1.893 keping konten telah dihapus masing-masing, pada periode waktu yang sama.

Facebook menolak berkomentar untuk cerita ini.

Pada permintaan pemerintah, Facebook mengatakan bahwa permintaan itu hanya dipenuhi  setelah “analisis hukum yang menyeluruh.”

Tapi banyak permintaan yang tidak melibatkan pemerintah, konten akan dihapus ketika pengguna menggunakan fasilitas “Report this post” tombol. Apa yang sebenarnya akan dihapus dapat membingungkan.

Pada 2013, Facebook terombang-ambing antara melarang video pemenggalan atau memungkinkan mereka berbicara bebas. Semua orang—dari ISIS ke kartel narkoba Meksiko—sekarang menggunakan media sosial untuk mendapatkan pesan mereka kepada dunia.

Facebook tidak mengizinkan siapa pun dengan “catatan kegiatan kriminal teroris atau kekerasan” untuk mempertahankan profil, tetapi akan sulit untuk menentukan apakah seseorang merupakan bagian dari organisasi teroris. Kebencian, ancaman kekerasan dan intimidasi semua dilarang, tetapi beberapa daerah menjadi abu-abu ketika pengguna berbicara tentang politik.

York dan beberapa pengguna yang mengomentari posting Zuckerberg menuduh moderator Facebook menjadi lebih cepat untuk melarang posting bermuatan politis dari Pakistan dan Palestina daripada orang-orang dari Amerika Serikat dan Eropa.

Tentu saja, pemantauan posting untuk semua faktor ini adalah tugas berat Fakta bahwa Facebook mempunyai idealisme menyenangkan hati Neil Richards, profesor hukum di Washington University di St Louis.

“Saya pikir yang Zuckerberg katakan adalah Facebook berkomitmen untuk gagasan Barat tentang kebebasan berbicara,” kata Richards kepada NBC News. “Saya pikir itu benar dan patut dipuji.”

Facebook Raksasa

Banyak situs menutup konten menyinggung. Namun, hanya sedikit yang mempunyai jangkauan global seperti Facebook, yang memiliki 1,35 miliar pengguna aktif bulanan.

Di Amerika Serikat, 71 persen orang dewasa yang sedang online memiliki akun Facebook, menurut laporan Pew Research Center yang dirilis pada Jumat.

Menjelajahi perairan berombak “kebebasan berbicara” cukup sulit bagi sebuah surat kabar atau hakim Mahkamah Agung. Untuk jaringan sosial lebih dari satu miliar orang, dapat tampak hampir mustahil, yang mungkin menjelaskan pendekatan sesekali ad-hoc Facebook  untuk mencatat konten.

“Menerapkan kebijakan pro-speech internasional memiliki tantangan tersendiri karena—bahkan di Barat—tidak ada pendekatan hukum terpadu untuk melindungi kebebasan berbicara,” kata Morgan Weiland, peneliti di Pusat Internet dan Masyarakat di Stanford Law School.

Jika Zuckerberg berkomitmen untuk kebebasan berbicara, York ingin melihat Facebook terlibat lebih dalam dengan masyarakat setempat. Itu termasuk mempekerjakan lebih moderator yang bisa berbahasa Urdu dan Turki.

“Saya pikir moderasi berbahasa Inggris jauh lebih konsisten daripada moderasi dalam bahasa lain,” katanya.

Adapun video yang menunjukkan peristiwa seperti pemenggalan kepala, peringatan yang mengharuskan pengguna untuk mengklik untuk menonton harus digunakan. Bukan dengan menghapus video itu, katanya.

Terlepas dari itu, Facebook tidak bisa hanya melihat dirinya sebagai sekadar jaringan sosial. Perusahaan seperti Google, Facebook dan Apple mencapai status yang mendekati monopoli di seluruh dunia, Richards mengatakan, dan itu berarti bahwa mereka harus bermain dengan seperangkat peraturan yang berbeda daripada yang berlaku untuk startups Internet kecil.

“Ketika platform ini menjadi begitu besar, mereka harus bertindak seperti mereka terikat oleh sesuatu yang lebih besar daripada yang sempit seperti perusahaan biasa” kata Richards. “Mereka harus memungkinkan ekspresi baku dan bebas, termasuk ungkapan yang menyinggung orang.”


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home