Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:01 WIB | Jumat, 04 November 2016

Massa Berorasi di Sekitar Masjid Istiqlal

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian (kedua kiri) meninjau alutsista yang dimiliki Korps Brimob dalam kunjungannya ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (31/10). Dalam kunjungannya Kapolri melihat simulasi penanganan kerusuhan dan meninjau alutsista yang dimiliki Korps Brimob serta membahas mengenai penanganan pengamanan pilkada. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Massa yang sedianya melakukan unjuk rasa pada Jumat (4/11) untuk memprotes tentang penistaan agama mulai memadati sejumlah titik di kawasan Masjid Istiqlal dengan salah satu aksinya berorasi mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan umat Islam.

Salah satu unsur masyarakat yang berorasi adalah Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI). Kesatuan aksi ini melakukan aksi di sisi luar pintu masuk sebelah selatan Masjid Istiqlal.

Para orator secara bergantian menyerukan ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan di antara ummat Islam sembari mengatur massa agar tidak menutupi jalur lalu lintas di Jalan Perwira yang menghubungkan Monumen Nasional dan Lapangan Banteng.

Lalu lintas di kawasan Jalan Perwira relatif ramai lancar dengan satu sisi jalur yang dapat dilewati kendaraan bermotor. Sementara massa memadati sepanjang jalan dan trotoar di kawasan tersebut.

Unsur demonstran yang membawa pengeras suara turut mengatur lalu lintas dengan memberi imbauan kepada massa untuk tetap memberi jalan kepada pengguna kendaraan bermotor.

Sejumlah demonstran juga membagikan selebaran-selebaran mengenai pentingnya penegakkan Islam, seperti yang disebarkan oleh unsur Khalifatul Muslimin.

Sementara di sisi timur dari Istiqlal, nampak berderet bus yang parkir di area Lapangan Banteng. Bus-bus tersebut membawa massa yang sedianya akan berdemonstrasi. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Banten dan Jawa Barat.

Di kawasan tersebut juga nampak unsur masyarakat yang berkumpul mengenakan baju dominan putih dan membawa bendera-bendera lambang kesatuan aksi mereka.

Sejauh ini kondisi demonstrasi di Masjid Istiqlal kondusif dan massa berduyun-duyun berdatangan dari berbagai lokasi. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home