Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 11:04 WIB | Selasa, 14 Oktober 2014

Masyarakat Internasional Janjikan Miliaran Dolar untuk Gaza

Kawasan Shejaiya di Gaza City, seperti diambil pada September 2014, termasuk kawasan yang digempur Israel dalam pertikaian Juli lalu. (Foto: AFP/Mahmud Hams)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Negara-negara pemberi donor menjanjikan 5,4 miliar dolar bantuan guna membantu membangun kembali Jalur Gaza yang hancur akibat pertempuran antara Israel dan Hamas akhir-akhir ini.

Sebuah konferensi donor internasional mengenai Gaza diselenggarakan di ibu kota, Mesir, Kairo pada Minggu (12/10). Para delegasi datang dari lebih dari 60 negara dan wilayah.

Qatar menjanjikan satu miliar dolar bantuan, sementara AS menjanjikan 212 juta dolar dan Jepang menjanjikan 20 juta dolar.

Selama pertikaian yang berlangsung 50 hari sejak  Juli tersebut, lebih dari 2.100 warga Palestina tewas di Gaza akibat serangan udara Israel dan serangan lainnya. Sementara sekitar 70 orang, kebanyakan di antaranya tentara, tewas di Israel. Kedua pihak sepakat  melakukan gencatan senjata pada Agustus.

Akibat konflik tersebut, seperti dilaporkan NHK, 18.000 rumah hancur di Gaza. Pemindahan reruntuhan bangunan berlangsung sangat lambat.

Israel melarang pengiriman bahan bangunan ke Gaza karena khawatir bahan-bahan tersebut akan digunakan untuk kepentingan militer. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home