Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:18 WIB | Selasa, 14 Oktober 2014

Pemimpin Korea Utara Tampil di Publik

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (tengah berkemeja hitam) menginspeksi proyek pembangunan perumahan ilmuwan bersama pejabat militer. Kim tampil di publik setelah absen sejak 3 September (foto : Rodong Sinmun/bbc.com)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tampil di publik setelah absen sejak 3 September, kata kantor berita Korea Utara KCNA Selasa (14/10). KCNA mengatakan Kim memberikan arahan di proyek pembangunan perumahan ilmuwan.

Surat kabar milik pemerintah Korea Utara Rodong Sinmun memuat foto Kim yang berjalan dengan bantuan tongkat.

Ketidakhadiran pemimpin yang berusia 32 tahun itu di hadapan publik, memunculkan berbagai dugaan. Ada dugaan Kim berada dalam kontrol elite politik rahasia Korea Utara.

Media resmi pemerintah Korea Utara menyatakan Kim absen di hadapan publik karena masalah kesehatan. Duta besar Korea Utara untuk Inggris Minggu (14/10) mengatakan kepada BBC Kim dalam kondisi sehat.

KCNA mengatakan Kim menginspeksi perumahan ilmuwan di Wisong dan puas dengan hasil proyek perumahan. “Melihat eksterior apartemen dan fasilitas publik yang didekorasi dengan beragam warna, Kim terpukau dan puas dengan hasil pembangunan proyek perumahan itu,” kata KCNA.

Disebutkan pula Kim mengunjungi Institut Energi yang baru dibangun. Rilis KCNA tidak menyebutkan detail hari penampilan Kim di publik.

Selama absen tampil di publik, Kim melewatkan dua acara penting yaitu, Hari Ulang Tahun Partai Pekerja Korea Utara pada 10 Oktober dan Hari Jadi Negara Korea Utara pada 9 September.

Kim Jong-un menjadi pemimpin Korea Utara setelah kematian ayahnya, Kim Jong-il, pada Desember 2012 dan kemudian menjabat ketua partai dan panglima tertinggi militer Korea Utara. (bbc.com)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home