Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 09:59 WIB | Selasa, 25 Agustus 2015

Masyarakat Nikaragua Sukses Melawan Krisis Air

Cristina Martínez, dan anak-anaknya dan Abelina Pérez tinggal di El Chagüite. Sekarang mereka tak lagi khawatir lagi tentang air bersih. (Foto: Glomara Iglesias/UNDP Nicaragua)

SATUHARAPAN.COM – Proyek-proyek untuk mengatasi krisis air di Nikaragua dilakukan antara pemerintah, korporasi internasional, dan PBB.

Cristina Martínez López tinggal bersama suami dan lima anak di La Chagüite, Nikaragua, yang tidak memiliki sumber air minum yang aman.

“Hidup ini lebih sulit ketika masyarakat tidak memiliki akses ke air. Hal ini menjengkelkan bahwa Anda harus berjalan jauh setiap hari untuk menemukan air untuk minum, memasak dan mencuci pakaian Anda,” kata Christina.

   Baca juga:

Terletak 300 km sebelah utara Managua, ibu kota Nikaragua, La Chagüite adalah sebuah komunitas pertanian yang miskin yang penduduknya berjalan, bersepeda, atau naik kuda di jalan kering dan berdebu. Antara Oktober dan November, pohon-pohon memberikan beberapa naungan, tapi selama bulan-bulan yang tersisa, matahari bersinar terik, dan suhu naik sampai 38°C.

Di desa ini, ada cadangan kecil air tidak layak untuk dikonsumsi. Namun, Cristina mengatakan bahwa mereka harus meminumnya karena air terbatas.

Untuk mengatasi masalah ini dan supaya memiliki akses ke air yang aman, masyarakat menyelenggarakan Komite Air dan meminta dukungan dari proyek “pendekatan teritorial untuk perubahan iklim di Las Segovias”. Proyek ini didanai oleh Korporasi Swiss di Amerika Tengah, dilaksanakan oleh UNDP berkoordinasi dengan pemerintah kota setempat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (MARENA), dan organisasi Aksi Melawan Kelaparan.

Proyek, yang dimulai pada Desember 2011, yang dilaksanakan di tiga departemen teritorial Nikaragua: Estelí, Madriz dan Nueva Segovia, dengan anggaran US$ 3.380.000 (Rp 47 miliar). Tujuannya adalah untuk memberikan kontribusi untuk pengurangan kemiskinan dengan meningkatkan ketahanan masyarakat dan mata pencaharian mereka yang rentan terhadap perubahan iklim.

Memecahkan masalah kelangkaan air adalah prioritas bagi masyarakat Chagüite. Setelah beberapa kali mencoba pencarian, akhirnya mereka mengidentifikasi akuifer dengan beberapa saluran bawah tanah. Proyek ini mendukung pelaksanaan studi hidrologi, pembangunan sumur, pemasangan mesin ekstraksi dan reboisasi. Diskusi dilakukan pada sistem manajemen air dan perlindungan lingkungan, dan nasihat hukum diberikan kepada Komite Air.

Sekitar 6.100 orang telah diuntungkan oleh pelaksanaan langkah-langkah adaptasi perubahan iklim diprioritaskan pada tiga hal: proyek untuk panen air; sistem agroforestry, bank benih dan saluran air masyarakat; dan pembangunan kapasitas lokal. Sebelas perlindungan banjir dibangun, seperti jembatan, sistem drainase air hujan, dan dinding perlindungan tepi sungai.

Untuk memperkuat kapasitas lokal, lebih dari 2.000 orang—termasuk para petani, lembaga teknis dan pemerintah kota, profesor universitas, wartawan dan tokoh agama —dilakukan pelatihan dalam manajemen risiko, ketahanan, penyebab perubahan iklim, dan langkah-langkah adaptasi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah learning by doing, memberdayakan masyarakat untuk memahami isu-isu dan berinvestasi dalam proses. Investasi lokal memberikan kontribusi untuk kelestarian lingkungan jangka panjang dan proyek telah menjadi referensi untuk direplikasi di daerah lain.

“Ini adalah contoh yang baik dari manfaat yang kami dapat sediakan kepada masyarakat dalam kemiskinan ekstrem,” kata Douglas Benavidez, Koordinator Proyek. “Ini khusus dapat diamati dalam komunitas seperti El Chagüite dan dalam keluarga seperti Cristina, yang saat ini menggunakan sistem air bersih dan telah memperoleh keterampilan dalam pengelolaan daerah aliran sungai dan mempromosikan ketahanan.”

Pendekatan multi-level proyek menggabungkan keterlibatan dari sektor tambahan di luar masyarakat. Pemerintah daerah dan asosiasi kota bekerja pada pengembangan strategi adaptasi perubahan iklim dan integrasi ke dalam proses perencanaan wilayah. Universitas-universitas di daerah didukung oleh proses termasuk materi pelajaran dalam kurikulum. Proyek ini juga memiliki strategi komunikasi yang mempromosikan perubahan perilaku dan mengajarkan orang-orang tentang adaptasi perubahan iklim dan ketahanan.

Saat ini, populasi El Chagüite senang dan puas dengan sistem mereka. Tidak hanya mereka tidak lagi membuang waktu mencari air, tetapi mereka juga dapat fokus pada menjaga sumber daya yang penting ini.

“Ketika masyarakat datang bersama-sama dan setiap orang menjadi komitmen sosial, kondisi hidup membaik, karena mereka menjadi pelaku pembangunan mereka sendiri,” kata Cristina. (undp.org)

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home