Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 08:20 WIB | Minggu, 10 Januari 2016

Masyarakat RRT Antre Online Persiapkan Koin Imlek

Tim Barongsai Golden Dragon binaan Hakka Aceh memeriahkan penyambutan tahun baru imlek 2566 di sekolah Methodist, Kuta Alam, Banda Aceh, Sabtu (14/2). Meski Aceh merupakan daerah yang memberlakukan hukum syariat dalam kehidupan sehari-hari namum aktivitas warga Tionghoa merayakan pergantian tahun baru Cina pada 19 Februari mendatang 2015 berlangsung damai. (Foto: Antara)

HEFEI, SATUHARAPAN.COM – Meskipun Hari Raya Imlek masih sebulan lagi, banyak warga Republik Rakyat Tiongkok (RRT)  pergi antri secara online di situs Bank Sentral RRT untuk menyambut Tahun Kera yang menjadi simbol untuk Tahun Baru Imlek 2016.

"Saya biasanya pergi tidur sangat awal di malam hari, tapi saya ingin mendapatkan koin," kata seorang pensiunan, Tian Meng (62 tahun) dari Kota Hefei, Provinsi Anhui, Tiongkok bagian Timur, seperti diberitakan Xinhua, hari Jumat (8/1).

Kalender Tiongkok memberikan simbol binatang untuk setiap tahun dalam siklus 12 tahun. Menurut zodiak 2016 adalah Tahun Kera.

 Tian Meng cemas  sampai tengah malam untuk membuat reservasi online dari satu set koin peringatan yang dikeluarkan oleh bank sentral untuk Tahun Monyet.

Bank Rakyat Tiongkok akan mengeluarkan koin pada hari Sabtu (16/1)  dan mulai mengambil pre-order pada tengah malam pada hari Kamis (14/1).

Tahun Baru Tiongkok  juga dikenal sebagai Festival Musim Semi, tahun 2016 ini akan jatuh pada 8 Februari.

Simbol kera dalam rotasi hewan di zodiak tiongkok adalah hewan ke-12 yang menjadi penanda tahun baru, selain  domba,  ayam,  tikus, sapi, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, anjing dan babi.

Menurut zodiak, orang yang lahir pada Tahun Kera dianggap cerdas, hidup dan menyenangkan.

Di Yiwu, Provinsi Zhejiang, di pasar grosir terbesar dunia untuk barang-barang konsumen kecil telah memasuki puncak dengan banyaknya konsumen. Pada Festival Komoditas Pasar, dealer grosir dapat dilihat menjajakan lukisan  bertema kera, selain itu banyak gulungan dengan bait tradisional, mainan dan pesona beruntung.

"Selain  konsumen orang Tiongkok, ada juga banyak klien asing," kata Liu Qing, seorang pedagang grosir di Yiwu.

Sementara itu, sebuah trailer untuk film "Monkey King 2" yang dibintangi aktor Hong Kong Louis Koo yang baru saja dirilis di Hongkong,  akan dirilis di RRT pada hari pertama Festival Musim Semi, Senin (8/1) mendatang.

Antusiasme untuk produk monyet menunjukkan kegembiraan warga RRT untuk merayakan liburan  yang umumnya biasanya dirayakan dengan reuni keluarga dan waktu kebahagiaan, keberanian dan harapan, kata Wang Kaiyu, seorang peneliti di  Akademi Ilmu Sosial Anhui.

Zhou Hua, seorang guru TK dari Hefei, baru saja selesai menyulam monyet untuk putrinya.

"Putri saya lahir di Tahun Kera, dan ini adalah hadiah saya untuk dia untuk tahun lunar," kata Zhou. "Saya berharap dia akan bahagia,” kata Zhou. (xinhuanet.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home