Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:35 WIB | Sabtu, 07 Januari 2023

Meksiko Dilanda Kerusuhan Pasca Penangkapan Gembong Narkotika

Meksiko Dilanda Kerusuhan Pasca Penangkapan Gembong Narkotika
Tangkapan layar pada 17 Oktober 2019 dari video yang disediakan oleh pemerintah Meksiko menunjukkan Ovidio Guzman Lopez pada saat penahanannya, di Culiacan, Meksiko. Pasukan keamanan Meksiko terpaksa membebaskan putra pemimpin kartel Sinaloa, Joaquin "El Chapo" Guzman, hari itu setelah orang-orang bersenjata menembaki kota barat Culiacan. (Foto: dok. CEPROPIE via AP)
Meksiko Dilanda Kerusuhan Pasca Penangkapan Gembong Narkotika
Pria membawa furnitur setelah menjarah sebuah toko, saat sebuah truk terbakar di sebuah jalan di Culiacan, negara bagian Sinaloa, Kamis, 5 Januari 2023. Pasukan keamanan Meksiko menangkap Ovidio Guzmán, seorang tersangka pengedar narkoba yang dicari oleh Amerika Serikat dan salah satu putranya mantan bos kartel Sinaloa, Joaquín "El Chapo" Guzmán, dalam operasi dini hari Kamis yang memicu baku tembak dan penghalang jalan di ibu kota negara bagian barat. (Foto: AP/Martin Urista)

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM - Matahari belum terbit di Culiacan ketika David Téllez dan keluarganya mulai menuju bandara kota untuk penerbangan kembali ke Mexico City setelah liburan mereka. Tapi tidak lama setelah mereka berangkat, mereka menemui penghalang jalan pertama, sebuah kendaraan yang ditinggalkan menghalangi jalan mereka.

Téllez beralih ke media sosial untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi dan melihat bahwa ibu kota negara bagian Sinaloa, kubu kartel dengan nama yang sama, dipenuhi dengan penghalang jalan dan tembakan.

Beberapa jam sebelum menteri pertahanan Meksiko mengkonfirmasi bahwa militer telah menangkap Ovidio Guzmán, putra mantan bos kartel obat bius Sinaloa yang terkenal kejam Joaquín "El Chapo" Guzmán, pada hari Kamis (5/1) dalam operasi subuh di utara kota.

Persis seperti itu, Culiacan didorong ke hari teror yang tidak seperti yang dialami penduduknya sejak Oktober 2019, terakhir kali pihak berwenang mencoba menangkap Guzmán junior. Sebelum berakhir, setidaknya 29 orang tewas, 10 anggota militer dan 19 diduga anggota kartel. Sementara 21 tersangka ditangkap, kata Menteri Pertahanan, Luis Cresencio Sandoval, hari Jumat (6/1). Tiga puluh lima anggota militer terluka, katanya.

Presiden Meksiko, Andrés Manuel López Obrador, telah mencerca upaya agresif pendahulunya untuk menangkap gembong narkoba, tetapi pemerintahannya mengantongi tokoh kartel profil tinggi hanya beberapa hari sebelum menjamu Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan setidaknya dalam jangka pendek penduduk setempat membayar harganya.

Penduduk Culiacan memposting video di media sosial yang menunjukkan konvoi orang-orang bersenjata di truk pikap dan SUV meluncur di jalan-jalan kota. Setidaknya satu konvoi termasuk truk bak terbuka dengan senjata terpasang di belakang, jenis kendaraan yang sama yang menyebabkan kekacauan dan dalam kerusuhan 2019.

Kota Diblokir dan Terjadi Penjarahan

Semua pintu masuk ke kota diblokir dan tindakan serupa dilakukan di bagian lain Sinaloa. Pendeta Esteban Robles, juru bicara Keuskupan Katolik Roma di Culiacan, mengatakan bahwa “ada suasana ketidakpastian, ketegangan,” dan mereka tinggal di dalam rumah mereka. “Banyak jalan yang masih diblokir oleh mobil-mobil yang dibakar,” kata Robles.

Pemerintah kota Culiacan memperingatkan: “Jangan tinggalkan rumah! Keselamatan warga Culiacan adalah yang paling penting.” Sekolah, pemerintah daerah, dan banyak bisnis swasta ditutup.

Oscar Loza, seorang aktivis hak asasi manusia di Culiacan, menggambarkan situasinya tegang, dengan beberapa penjarahan di toko-toko. Di sisi selatan kota, tempat tinggal Loza, orang-orang melaporkan konvoi orang-orang bersenjata bergerak menuju pangkalan militer, tetapi Loza mengatakan jalan-jalan di sekitar rumahnya sangat sepi. "Anda tidak mendengar lalu lintas apa pun," katanya.

Téllez berusaha keras untuk membawa keluarganya kembali ke Mexico City, melewati beberapa kendaraan terbengkalai yang menghalangi jalan dan akhirnya sampai ke bandara.

Di sana keluarga buru-buru check in untuk penerbangan mereka sebelum karyawan restoran bandara mendesak mereka untuk berlindung di kamar mandi. Orang-orang bersenjata tiba di bandara untuk mencegah pihak berwenang menerbangkan Guzmán.

Pengaruh Kartel pada Masyarakat

Juan Carlos Ayala, seorang warga Culiacan dan profesor Universitas Sinaloa yang mempelajari sosiologi perdagangan narkoba, mengatakan Ovidio Guzmán adalah target yang jelas setidaknya sejak 2019.

“Nasib Ovidio telah diputuskan. Selain itu, dia diidentifikasi sebagai pedagang fentanil terbesar dan pemimpin Chapos yang paling terlihat.” Ditanya bagaimana reaksi penduduk setempat terhadap penangkapan tersebut, Ayala mengatakan "Orang-orang memiliki pandangan berbeda, tapi saya pikir mayoritas bersama mereka", kartel Sinaloa.

Itu mungkin karena uang yang dibawa kartel ke wilayah tersebut, tetapi juga karena penduduk setempat tahu bahwa bahkan setelah pasukan federal ditarik, kartel akan tetap ada. Seburuk itu, kartel telah memastikan stabilitas relatif, jika bukan perdamaian.

Diekstradisi ke Amerika Serikat

Guzmán didakwa oleh Amerika Serikat atas tuduhan penyelundupan narkoba pada tahun 2018. Menurut kedua pemerintahan, dia mengambil peran yang semakin besar di antara saudara laki-lakinya dalam menjalankan bisnis ayah mereka, bersama dengan bos kartel lama, Ismael "El Mayo" Zambada.

Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard, membenarkan bahwa pemerintah telah menerima permintaan pada tahun 2019 dari Amerika Serikat untuk penangkapan Guzmán untuk tujuan ekstradisi. Dia mengatakan permintaan itu harus diperbarui dan diproses, tetapi dia menambahkan bahwa kasus terbuka pertama di Meksiko menunggu Guzmán.

Karena Pemerintah Tidak Tegas pada Kejahatan Narkotika

Ismael Bojorquez, direktur outlet berita lokal Riodoce, yang berspesialisasi dalam peliputan perdagangan narkoba di kawasan itu, mengatakan bahwa reaksi kekerasan itu berkaitan dengan sikap presiden yang kurang agresif terhadap kejahatan terorganisir.

“Mereka (kartel) telah memanfaatkan empat tahun ini untuk mengorganisir diri, mempersenjatai diri, memperkuat struktur mereka, keuangan mereka,” katanya. “Saya yakin ada lebih banyak senjata daripada tiga tahun lalu. Semua organisasi pasukan kejahatan telah diperkuat, bukan hanya Chapitos, dan ini adalah harga yang harus dibayar masyarakat untuk strategi pemerintah federal ini.”

Di bandara Culiacan, penerbangan militer Meksiko berhasil membawa Guzmán pergi ke Mexico City. Penerbangan komersial Téllez menunggu kesempatan untuk lepas landas ketika dua pesawat militer besar mendarat dengan pasukan seperti yang dilakukan tiga atau empat helikopter militer, dan marinir serta tentara mulai dikerahkan di sepanjang landasan pacu.

Saat penerbangan maskapai akhirnya bersiap untuk berakselerasi, Téllez mendengar suara tembakan di kejauhan. Dalam 15 detik, suara itu tiba-tiba menjadi lebih kuat dan lebih dekat, dan para penumpang menjatuhkan diri ke lantai, katanya.

Dia tidak tahu pesawat itu terkena tembakan sampai seorang pramugari memberi tahu mereka. Tidak ada yang terluka, tetapi pesawat buru-buru mundur ke terminal.

Samuel González, yang mendirikan kantor kejaksaan khusus Meksiko untuk kejahatan terorganisir pada 1990-an, mengatakan penangkapan Guzmán adalah "hadiah" menjelang kunjungan Biden. Pemerintah Meksiko "berusaha untuk melakukan kunjungan yang tenang," katanya.

Dia menyebut tembakan yang mengenai pesawat komersial itu "tidak diragukan lagi merupakan tindakan terorisme internasional" dan menyarankan hal itu dapat menyebabkan diskusi yang sangat serius antara kedua pemerintah tentang implikasi dari tindakan tersebut.

Menjelang sore, Téllez tetap berada di terminal. Pemerintah telah menutup bandara, serta bandara di Los Mochis dan Mazatlan karena alasan keamanan.

Ditanya apakah upaya untuk menangkap Guzmán sepadan dengan ketegangan dan ketidakpastian di Culiacan, Téllez berkata, "Jika mereka menangkapnya, itu sepadan." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home