Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:38 WIB | Sabtu, 07 Januari 2023

Presiden Taiwan Tinjau Pangkalan Militer, Perkuat Pertahanan

Taiwan memperkuat pertahanan merespons provokasi militer China yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, tengah, didampingi para pejabat, melihat jet tempur F-16 di sebuah pangkalan militer di Chiayi, Taiwan barat daya, Jumat, 6 Januari 2023. (Foto: Kantor Kepresidenan Taiwan via AP)

CHIAYI, SATUHARAPAN.COM - Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, mengunjungi pangkalan militer pada hari Jumat (6/1) untuk mengamati latihan sementara saingannya China memprotes lewatnya kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat melalui Selat Taiwan, karena ketegangan antara kedua belah pihak tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Beijing mengklaim Taiwan yang berpemerintahan sendiri sebagai wilayah China untuk dikendalikan secara paksa jika perlu, dan secara teratur memprotes perjalanan kapal perang AS dan kapal asing lainnya melalui Selat Taiwan, salah satu jalur air tersibuk di dunia.

Kunjungan Tsai ke pangkalan militer di daerah pusat Chiayi dilakukan saat Taiwan berusaha meningkatkan pertahanannya terhadap meningkatnya ancaman dari China. Itu termasuk memperluas industri pembuatan kapal dan senjata domestik, membeli lebih banyak persenjataan pertahanan dari AS dan memperluas wajib militer nasional untuk semua pria dari empat bulan menjadi satu tahun penuh mulai tahun 2024.

Bersamaan dengan mengamati pertunjukan oleh batalion infanteri mekanik tentara, Tsai mengunjungi Sayap Tempur Taktis Keempat angkatan udara, yang pilotnya sebagian besar bertanggung jawab untuk mencegat pesawat militer China yang mendekati garis tengah Selat Taiwan.

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa kegiatan berkelanjutan Tentara Pembebasan Rakyat China (di sekitar Taiwan) tidak membantu hubungan lintas selat atau perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Tsai.

“Saat kita menghadapi perluasan otoritarianisme, kita hanya bisa memperkuat kemampuan tempur dan ketangguhan negara untuk mengamankan keamanan dan kepentingan nasional kita,” kata Tsai.

Sementara itu, China menuduh AS "membesar-besarkan" perjalanan kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Chung-Hoon melalui selat itu pada hari Kamis, menambahkan bahwa pasukannya memantau kapal itu sepanjang waktu.

“Komando Wilayah Timur Tentara Pembebasan Rakyat China mengorganisir pasukan untuk memantau seluruh jalur kapal AS dan sepenuhnya menyadari semua tindakannya,” kata juru bicara komando Kolonel Shi Yi dalam pernyataan singkat yang diposting ke media sosial.

AS mengatakan selat itu adalah perairan internasional di luar laut teritorial negara pantai mana pun.

“Transit Chung-Hoon melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional,” kata Armada ke-7 yang berbasis di Jepang dalam sebuah pernyataan.

Upaya China untuk mengintimidasi Taiwan secara militer telah meningkat ke level baru dalam beberapa bulan terakhir, meningkatkan kekhawatiran di Washington bahwa Beijing semakin dekat untuk menggunakan kekuatan. Itu termasuk menembakkan rudal ke laut dan mengirim pesawat dan kapal melintasi garis pemisah di Selat Taiwan pada Agustus sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi, ke pulau itu.

Bulan lalu, mereka mengirim 71 pesawat dan tujuh kapal pemecah ke Taiwan dalam tampilan kekuatan 24 jam setelah mengungkapkan kemarahan pada ketentuan terkait Taiwan dalam RUU pengeluaran pertahanan tahunan AS. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home