Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 10:43 WIB | Jumat, 05 Juni 2015

Melarikan Diri Melalui Niger

Melarikan Diri Melalui Niger
Ratusan warga saat berada di atas mobil truk untuk pergi melarikan diri secara ilegal melalui negara Niger yang merupakan wilayah titik transit utama jalur penyeludupan manusia untuk menuju Eropa. Warga yang bermigrasi ada yang berhasil dan ada juga yang meninggal akibat suhu padang pasir untuk melintasi Mediterania yang perkirakan mencapai 2.000 jiwa meninggal dalam perjalanan. (Foto-foto: REUTERS/ Akintunde Akinleye
Melarikan Diri Melalui Niger
Seorang warga saat berlari melintasi sebuah restoran yang sepi dengan pengunjung di salah satu kota Niger yang saat ini negaranya dilanda konflik dan membuat kota tampak mati tanpa kehidupan.
Melarikan Diri Melalui Niger
Salah satu migran bernama Fousseni Ismael (16) yang mengatakan dalam hidup dirinya harus berani melintasi rintangan itu saat sebelum berangkat menaiki truk.
Melarikan Diri Melalui Niger
Para warga saat berada di atas kendaraan bak terbuka untuk bersiap melakukan perjalanan migrasi pindah ke negara lain malalui wilayah Niger sampai menuju pos utama Afrika Barat dengan melintasi padang pasir.
Melarikan Diri Melalui Niger
Banyaknya kelompok garis keras yang terjadi di Niger membuat sebagian warganya miskin dan terpaksa harus keluar dari negaranya untuk mencari kehidupan baru seperti yang terlihat pada foto tampak kota mati tanpa kehidupan warga yang berada di sekitarnya.

NIGER, SATUHARAPAN.COM – Ribuan warga harus rela melintasi gurun pasir untuk bermigrasi secara ilegal melalui Niger di wilayah titik transit utama penyeludupan manusia menuju Eropa. Gurun Agadez merupakan jalur perlintasan rute penyeludupan manusia yang telah banyak memakan korban untuk berusaha melintasi sampai ke Mediterania.

Badan Organisasi Internasional untuk Migrasi melaporkan setidaknya tahun ini diperkirakan 2.000 orang telah meninggal dalam upaya untuk melintasi Mediterania. Kebanyakan para migran meninggal selama berada di kawasan padang pasir dari Niger pos utama untuk Afrika Barat sampai perjalanan menuju ke Eropa.

Niger merupakan salah satu negara yang terkurung oleh daratan (landlocked) di bagian barat Afrika. Negara yang berbatasan dengan Nigeria, Libya dan Aljazair ini bisa bilang salah satu negara dengan tingkat konflik yang tinggi.

Munculnya sejumlah kelompok garis keras menyebabkan negara ini runtuh akan daya tarik wisatanya. Berbagai aksi kejahatan seperti penyeludupan serta pencurian menjadi masalah yang terjadi di kota membuat sebagian wilayah tidak aman dan nyaman.

Berikut ini gambaran sejumlah warga Niger yang telah melakukan perjalanan untuk bermigrasi menuju ke negara-negara Eropa secara ilegal melalui padang pasir yang merupakan titik utama jalur perlintasan.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home