Loading...
INSPIRASI
Penulis: Doni Setyawan 01:00 WIB | Kamis, 08 Mei 2014

Membersihkan Bak Mandi

Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Hampir setiap rumah zaman sekarang memiliki kamar mandi. Dalam kamar mandi itu biasanya ada bak mandi—ada yang permanen ada yang tidak. Fungsinya jelas: menampung air yang akan digunakan untuk membersihkan badan. Air yang ada di dalam bak mandi biasanya dialirkan melalui keran yang sudah dibuat sedemikian rupa. Sirkulasi air menjadi sangat penting demi menjaga kebersihan bak mandi. Ketika bak di kamar mandi itu sering dipakai, kondisi kebersihan dan kondisi airnya akan lebih baik ketimbang yang jarang dipakai.

Ketika air dalam bak mandi kotor, maka Sang Pemilik biasanya akan membersihkan dengan mengurasnya. Memang bukan perkara sulit, walaupun juga tak gampang-gampang amat. Membersihkan bak mandi perlu totalitas, perlu keberanian basah dan juga kotor. Namun, hasilnya sungguh membuat diri merasa nyaman saat mandi.

Dalam beberapa hal, kehidupan manusia seolah seperti bak mandi, yang selalu mendapatkan air kehidupan dari Sang Kehidupan Sejati. Namun, persoalannya adalah manusia kerap enggan membersihkan diri, sehingga air kehidupan itu menjadi kotor dan berbau tidak sedap.

Dengan keadaan seperti ini, maka orang lain menjadi tidak tertarik untuk mendekat, untuk menyapa, untuk mengambil air kehidupan itu. Padahal salah satu panggilan manusia ialah mengalirkan kembali air kehidupan itu kepada setiap orang yang membutuhkannya.

Kalau sudah begini, jalan terlogis adalah membersihkan diri kita. Membersihkan segala kekotoran yang menjadikan air kehidupan yang mengalir ke dalam diri kita ikut kotor dan tiada berguna bagi sesama.

Selamat membersihkan diri!

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home