Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 09:46 WIB | Sabtu, 12 Desember 2020

Memposting “Angelina Jolie Zombie,” Gadis Iran Dihukum 10 Tahun Penjara

Memposting “Angelina Jolie Zombie,” Gadis Iran Dihukum 10 Tahun Penjara
Tangkapan gambar dari rekaman yang diperoleh dari televisi Iran, IRIB, pada 24 Oktober 2019 menunjukkan reproduksi gambar yang diposting oleh intagrammer Iran, Sahar Tabar. (Foto-foto: AFP. IRIB)
Memposting “Angelina Jolie Zombie,” Gadis Iran Dihukum 10 Tahun Penjara
Foto yang menunjukkan Sahar Tabar sebelumnya (tengah) dan gambar sesudahnya dari hasil proses distorsi foto.

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan di Iran dilaporkan menjatuhkan hukuman penjara 10 tahun kepada Sahar Tabar, seorang gadis Iran yang memposting foto-foto dirinya yang terdistorsi sehingga menyerupai Angelina Jolie yang seperti “zombie”, menurut salah satu pengacaranya dikutip Al Arabiya.

Saeed Dehghan, salah satu pengacara dalam kasus tersebut, mengatakan kepada BBC Persia bahwa dia telah mendengar berita tentang hukuman penjara 10 tahun, tetapi tidak ada putusan resmi yang diberikan kepada pengacara yang mewakili Tabar, yang nama aslinya adalah Fatemeh Khishvand.

Khishvand ditangkap pada Oktober 2019 bersama tiga perempuan influencer media sosial lainnya. Bintang Instagram itu awalnya menarik perhatian dunia pada tahun 2017 ketika dia mulai membagikan beberapa foto selfie dari wajahnya yang sangat terdistorsi di Instagram-nya. Akunnya telah mengumpulkan lebih dari 486.000 pengikut sebelum ditutup.

Masih Alinejad, seorang jurnalis Iran terkemuka dan aktivis oposisi, mengatakan kepada Daily Mail bahwa dia telah berbicara dengan pengacara Tabar, yang menegaskan bahwa dia telah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara atas tuduhan "mempromosikan korupsi publik."

“10 tahun penjara untuk Instagramer Iran yang menggunakan makeup & Photoshop untuk menjadi “zombie” Angelina Jolie. Sahar Tabar baru berusia 19 tahun, dan leluconnya membuatnya dipenjara di Iran. Ibunya menangis setiap hari untuk membebaskan putrinya yang tidak bersalah. Angelina Jolie sayang! kami membutuhkan suara kamu di sini. Bantu kami," tulis Alinejad pada hari Jumat (11/12), mendesak bintang Hollywood itu untuk berkampanye atas nama Tabar.

Oktober lalu, televisi pemerintah Iran menyiarkan wawancara dengan Khishvand di mana dia tampak menyesal dan mengatakan bahwa dia menyesali tindakannya. “Saya melihat orang-orang mengikuti apa yang saya lakukan, dan ketika “like” tumbuh, saya pikir saya melakukan hal yang benar,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home