Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 18:40 WIB | Jumat, 29 Januari 2016

Menag: Inti Agama Adalah Damai dan Kasih

Menag: Inti Agama Adalah Damai dan Kasih. (Foto: kemenag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, berpesan kepada para generasai muda untuk lebih selektif dalam menerima informasi yang berkembang di dunia maya dalam menggali dan mempelajari pengetahuan agama. Menurutnya, esensi agama adalah memanusiakan manusia dan mensejahterakan masyarakat. "Inti agama adalah perdamaian dan kasih."

“Saya berharap, generasi muda dalam mempelajari agama, tidak hanya terpaku dan mengandalkan internet. Belajarlah agama kepada para pakar yang telah teruji dan mampu memahami esensi dan substansi agama,” kata Lukman saat menjadi pembicara pada Pelantikan Pengurus Lembaga Kemahasiswaan Universitas Masa Bhakti 2016 dan Seminar “Deradikalisasi di Media Sosial” di Auditorium Utama Universitas Islam Indonesia (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, hari Kamis (28/1).

Diakui Lukman, era digital telah memberikan dampak besar terhadap peradaban manusia. Kemajuan teknologi informasi bahkan menjadi sebuah revolusi, karena mampu mempengaruhi cara interaksi dan hidup manusia. Website dengan beragam kontennya juga berkembang demikian pesat, termasuk yang berbau radikalisme agama. 

Mengutip hasil Penelitian Gabriel Weimann, Lukman menjelaskan bahwa  pada tahun 1998, hanya ada 12 situs radikal yang berafiliasi dengan ekstrimisme dan terorisme. Pada tahun 2003, situs kelompok teroris melonjak sampai 2.650. “Data terakhir pada tahun 2014, terdapat lebih dari 9.800 situs yang dikelola kelompok teroris,” kata Lukman.

Sementara itu, Rektor UIN Jakarta, Dede Rosyada, menyatakan, UIN Jakarta tidak pernah mengajarkan radikalisme. “Kami akan menekankan pada pengajaran agama yang mampu menganalisis dan mengkaji secara munasabah agar ke depan output yang kami hasilkan mampu memahami serasional mungkin untuk Islam dan Indonesia yang lebih baik,” ujar mantan Direktur Diktis Kemenag tersebut. (kemenag.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home