Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:41 WIB | Selasa, 16 Juni 2015

Mendag Minta Produsen Tentukan Harga Hingga ke Konsumen

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Rachmat Gobel meminta kepada produsen barang kebutuhan pokok mengontrol distribusi dan menentukan harga produknya hingga ke konsumen. Upaya ini dilakukan untuk menutup celah para spekulan dalam pendistribusian barang pokok.

“Untuk menghentikan spekulan, maka produsen harus bisa mengontrol pasokan sampai ke pasar. Harga harus ditentukan oleh produsen, itu harus!” kata Rachmat di Kantor Kemendag Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, Selasa (16/6).

Untuk meningkatkan pengawasan, Mendag meminta seluruh perusahaan melaporkan semua merek dagangnya ke Kemendag terutama untuk produsen bahan pokok.

Mendag Pastikan Distribusi Bahan Pokok Aman

Menjelang puasa dan Lebaran Rachmat juga bersinergi dengan Kementerian Perhubungan dan BUMN bidang transportasi misalnya PT. KAI dan PT Pelni  untuk memastikan kelancaran arus barang.

Mereka sepakat untuk mengizinkan truk-truk pengangkut bahan kebutuhan pokok melintas di pelabuhan dan di jalur-jalur mudik utama yang biasanya tertutup bagi angkutan logistik mulai 10 hari sebelum Lebaran.

Selain itu, operasi pasar juga akan dilakukan Kemendag dalam upaya menjaga stabilitas harga menjelang puasa dan Lebaran.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home