Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:22 WIB | Kamis, 20 Agustus 2015

Mendag Targetkan 1-3 Bulan Harga Daging Stabil

Menteri Perdagangan Thomas T. Lembong sedang memamerkan tomat buah yang dijual di halaman parkir Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, Senin (17/8). (Foto: Dok. satuharapan.com/Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah melalui Menteri Perdagangan yakin bahwa satu hingga tiga bulan mendatang harga daging di pasaran akan stabil.

"Kami cukup yakin, 1,2,3 bulan ini (harga daging) reda," kata Menteri Perdagangan Thomas Lembong di lingkungan Istana Negara Jakarta, Kamis (20/8).

Dia juga mengungkapkan bahwa dirinya bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti dipanggil Presiden Joko Widodo untuk membicarakan beberapa harga pangan di pasar.

"Tadi Pak Presiden panggil Pak Mentan, saya, Pak Kapolri dan Panglima TNI bicarakan soal pangan. Jadi koordinasi mengenai strategi untuk mengatasi kelangkaan maupun kenaikan harga beberapa harga pangan," kata pria yang akrab disapa Tom.

Tom mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan baik, dan jika ada oknum-oknum yang terlibat mempermainkan harga akan ditindak tegas.

"Penindakan oknum tidak bisa berkepanjangan, jadi diharapkan bisa segera selesai," kata Tom.

Mendag juga mengungkapkan bahwa Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sudah berkoordinasi untuk memastikan stok pangan cukup dan harga masih bisa dikendalikan.

"Pak Presiden mengimbau agar kami memperhatikan betul soal harga pangan karena berdampak pada inflasi. Dan inflasi pada akhirnya berdampak pada kurs," kata dia.

Tom mengatakan jika harga daging turun di pasar, rencana impor daging sapi akan dibatalkan.

Namun, dia menjelaskan bahwa rencana impor daging sapi itu harus disiapkan jika nanti dibutuhkan sewaktu-waktu bisa segera dilempar ke masyarakat.

"Mekanisme impor sapi itu lead timenya cukup panjang, tidak bisa seminggu siap. Nah kita siap dulu, kalau harganya stabil impor bisa dibatalkan," kata Tom menambahkan. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home