Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 17:35 WIB | Kamis, 14 Juli 2016

Mendagri Tjahjo Serahkan DP4 untuk Pilkada Serentak ke KPU

Mendagri Tjahjo Serahkan DP4 untuk Pilkada Serentak ke KPU
Ketua pelaksana tugas (Plt) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay (kiri) menerima naskah lembar Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) sebagai bahan pendukung untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kanan) di gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (14/7). (Foto-foto: Dedy Istanto).
Mendagri Tjahjo Serahkan DP4 untuk Pilkada Serentak ke KPU
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kanan) bersama dengan Ketua Plt KPU Hadar Nafis Gumay (kedua kanan), Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad (tengah) dan Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansah (kedua kiri) dan Arief Budiman (kiri) saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam acara penyerahan data DP4 dari Kementerian Dalam Negeri kepada KPU.
Mendagri Tjahjo Serahkan DP4 untuk Pilkada Serentak ke KPU
Ketua pelaksana tugas (Plt) KPU Hadar Nafis Gumay memberi sambutan usai proses penyerahan data DP4 sebagai bahan pendukung penyelenggaraan pilkada serentak dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di gedung KPU, Jakarta.
Mendagri Tjahjo Serahkan DP4 untuk Pilkada Serentak ke KPU
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mencoba alat pendeteksi mata yang merupakan sebuah alat yang digunakan untuk pemuktahiran identitas seseorang berdasarkan riwayat hidupnya usai acara penyerahan data DP4 di gedung KPU, Jakarta.
Mendagri Tjahjo Serahkan DP4 untuk Pilkada Serentak ke KPU
Ketua pelaksana tugas (Plt) KPU Hadar Nafis Gumay (kiri) mencoba penggunaan alat deteksi mata sebagai pemuktahiran identitas disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kanan) di gedung KPU, Jakarta.
Mendagri Tjahjo Serahkan DP4 untuk Pilkada Serentak ke KPU
Ketua Plt KPU Hadar Nafis Gumay (kiri) bersama dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kanan) menyaksikan proses hasil data yang menggunakan alat pendeteksi mata sebagai salah satu proses pencarian identitas.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyerahkan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) sebagai pendukung penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 kepada Ketua pelaksana tugas (Plt) Hadar Nafis Gumay di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, hari Kamis (14/7).

Pilkada serentak tahun 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang akan diselenggarakan di 101 daerah yang terdiri dari tujuh pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 18 pemilihan untuk Wali kota dan Wakil Walikota serta 76 pemilihan untuk Bupati dan Wakil Bupati.

“Semoga dengan adanya data DP4 bisa menjadi instrumen dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah nanti yang diselenggarakan dengan baik dan lancar oleh KPU. DP4 ini merupakan data pemilih yang telah disesuaikan berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Plt KPU, Hadar Nafis Gumay menyambut baik atas dukungan Kementerian Dalam Negeri dalam rangka membantu dalam proses pendataan daftar pemilih dari data penduduk yang telah valid.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri yang telah memberikan dukungan dalam rangka mendukung penyelenggaraan pilkada serentak yang akan datang. Semoga dalam penyelenggaraan nanti, KPU dapat menjalankannya dengan baik,” kata Hadar Nafis Gumay dalam sambutannya.

DP4 merupakan data penduduk yang telah masuk dalam tahap pemuktahiran sebagai pemilih dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan pilkada serentak tahun depan. Pilkada serentak nanti rencananya akan diselenggarakan di tujuh KPU Provinsi/ Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan 138 KPU/ KIP Kabupaten dan Kota, Dari 138 KPU/KIP Kabupaten dan Kota, 69 di antaranya akan menyelenggarakan hanya pemilihan Bupati dan Wali Kota, 44 akan menyelenggarakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan 25 KPU/KIP Kabupaten dan Kota akan menyelenggarakan pemilihan Bupati, Wali Kota dan Gubernur.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home