Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:51 WIB | Kamis, 29 Februari 2024

Menhan Ukraina: Penundaan Bantuan Militer Barat Sebabkan Banyak Korban Jiwa

Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo, Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni dan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau menghadiri acara peletakan bunga di untuk menghormati tentara Ukraina yang terbunuh dalam perang menghadapi invasi Rusia di Tembok Peringatan di Kiev, hari Sabtu (24/2). (Foto: Kantor Kepresidenan Ukraina via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Setengah dari dukungan militer Barat yang dijanjikan kepada Ukraina gagal tiba tepat waktu, sehingga mempersulit tugas para perencana militer dan pada akhirnya mengorbankan nyawa tentara, kata menteri pertahanan negara itu pada Minggu (25/2).

Berbicara di “Ukraina. Pada forum Tahun 2024” di Kiev, Rustan Umerov mengatakan bahwa setiap pengiriman bantuan yang tertunda berarti hilangnya pasukan Ukraina, dan menggarisbawahi kekuatan militer Rusia yang superior.

Peringatan untuk memperingati ulang tahun kedua invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada hari Sabtu menghadirkan ekspresi dukungan berkelanjutan, perjanjian keamanan bilateral baru, dan komitmen bantuan baru dari sekutu Barat Ukraina. Namun Umerov mengatakan mereka masih perlu memenuhi komitmen mereka jika Ukraina ingin mempunyai peluang untuk bertahan melawan Rusia.

“Kami melihat ke arah musuh: ekonomi mereka hampir dua triliun dolar, mereka menggunakan hingga 15% anggaran (dana) resmi dan tidak resmi untuk perang, yang jumlahnya mencapai lebih dari US$100 miliar dolar setiap tahunnya. Jadi pada dasarnya setiap kali komitmen tidak tercapai tepat waktu, kita kehilangan orang, kita kehilangan wilayah,” katanya.

Umerov dan Panglima Tertinggi Oleksandr Syrskyi mengunjungi pos-pos tempur garis depan pada hari Minggu pagi di tengah semakin buruknya kekurangan amunisi dan serangan Rusia di timur.

Mereka mendengar kabar dari pasukan garis depan dan “menganalisis secara menyeluruh” situasi medan perang pada kunjungan mereka, kata Syrskyi dalam pembaruan Telegram. Dia tidak merinci ke mana tepatnya dia dan Umerov pergi, namun mengatakan bahwa “situasinya sulit” bagi pasukan Ukraina dan “membutuhkan kendali terus-menerus” di banyak lini depan.

Ukraina telah mengalami kemunduran di medan perang, setelah kehilangan kota strategis di timur Avdiivka menyusul pertempuran sengit bulan ini, dan karena bantuan militer untuk Kiev tidak mencukupi di Kongres Amerika Serikat.

Syrskyi awal bulan ini menggantikan komandan militer utama Ukraina, Valerii Zaluzhny, dalam perombakan paling signifikan di kalangan petinggi sejak dimulainya perang skala penuh, setelah serangan balasan yang telah lama diperkirakan pada musim panas lalu gagal menghasilkan terobosan besar. Rusia masih menguasai sekitar seperempat wilayah negara tersebut.

Tembakan dan serangan roket Rusia pada hari Minggu terus menghantam wilayah selatan dan timur Ukraina, ketika pejabat lokal Ukraina melaporkan bahwa setidaknya dua warga sipil tewas dan delapan lainnya menderita luka di provinsi Zaporizhzhia dan Kherson.

Seorang wanita terluka dan sebuah stasiun kereta api berubah menjadi reruntuhan yang membara di tengah penembakan besar-besaran di kota timur Kostiantynivka, menurut kepala administrasi militer kota. Stasiun penyiaran publik Ukraina, Suspilne, mengutip polisi setempat yang mengatakan bahwa serangan tersebut juga merusak sebuah gereja Ortodoks, lebih dari selusin bangunan tempat tinggal dan puluhan toko, kantor pos, sekolah dan kantor pemerintah daerah.

Rusia dan Ukraina juga terus saling melancarkan serangan drone setiap malam, dengan pertahanan udara Ukraina menembak jatuh 16 dari 18 drone Shahed buatan Iran yang diluncurkan semalam oleh Moskow. Sebuah pesawat tak berawak Rusia pada Minggu pagi menyerang fasilitas yang tidak disebutkan namanya di wilayah Khmelnytskyi barat Ukraina, lapor pemerintah militer regional tanpa memberikan rincian.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Minggu pagi melaporkan bahwa mereka telah menembak jatuh tujuh drone Ukraina – empat di Laut Hitam dan tiga di wilayah Belgorod selatan Rusia. Namun pihaknya tidak segera menyebutkan adanya korban atau kerusakan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home