Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:59 WIB | Sabtu, 13 April 2024

Menkeu AS Kunjungi China Bahas Masalah Perdagangan dan Pencucian Uang

Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, berjabat tangan dengan Duta Besar AS untuk China, Nicolas Burn, disaksikan Wakil Menteri Keuangan China, Liao Min di bandara Guangzhou, China, Kamis (4/4). (Foto: AP/Andy Wong/pool)

GUANGZHOU-CHINA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen, tiba di China pada hari Kamis (4/4) untuk menghadiri pertemuan selama lima hari di negara yang bertekad menghindari konflik terbuka dengan Amerika Serikat. Namun dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu tampaknya masih membahas aturan mengenai bagaimana caranya untuk bersaing satu sama lain.

Terdapat ketegangan mengenai dukungan pemerintah China terhadap pembuatan kendaraan listrik dan panel surya, sama seperti pemerintah AS yang meningkatkan bantuannya sendiri untuk sektor-sektor teknologi tersebut. Terdapat perbedaan dalam perdagangan, kepemilikan media sosial TikTok, akses terhadap chip komputer, dan keamanan nasional – semuanya merupakan risiko terhadap hubungan yang dikelola dengan hati-hati.

Yellen, 77 tahun, seorang ekonom terkenal dan mantan ketua Federal Reserve, menyampaikan kepada wartawan isu-isu yang ingin ia sampaikan kepada rekan-rekannya di China selama kunjungan lima harinya. Yellen memulai perjalanannya di Guangzhou dan kemudian pindah ke Beijing untuk bertemu dengan para pemimpin keuangan dan pejabat negara.

Keterlibatannya akan mencakup Wakil Perdana Menteri He Lifeng, Gubernur Bank Sentral China Pan Gongsheng, mantan Wakil Perdana Menteri Liu He, para pemimpin bisnis Amerika yang beroperasi di China, mahasiswa dan pemimpin lokal.

Yellen, ketika berbicara kepada wartawan pada hari Rabu (3/4) saat pemberhentian pengisian bahan bakar di Alaska dalam perjalanan ke Asia, mengatakan kunjungannya akan menjadi “kelanjutan dari dialog yang telah kita lakukan dan perdalam” sejak Presiden AS, Joe Biden, dan Presiden China, Xi Jinping, bertemu pada tahun 2022 di Indonesia. Dia mencatat bahwa ini akan menjadi pertemuan ketiganya dengan wakil perdana menteri Tiongkok.

Yellen baru-baru ini menuduh China membanjiri pasar global dengan produk-produk energi ramah lingkungan yang disubsidi secara besar-besaran, sehingga mungkin meremehkan subsidi yang diberikan AS kepada sektor energi terbarukan dan kendaraan listriknya dengan dana yang disediakan oleh Undang-undang Pengurangan Inflasi Partai Demokrat.

Dia mengatakan bahwa dia bermaksud untuk mengulangi kekhawatirannya kepada para pejabat China bahwa mereka membanjiri pasar global dengan panel surya dan kendaraan listrik murah yang menghambat kemampuan negara lain untuk mengembangkan sektor-sektor tersebut.

“Kita perlu memiliki persaingan yang setara,” kata Yellen kepada wartawan. “Kami prihatin dengan investasi besar-besaran di China pada sejumlah industri yang mengakibatkan kelebihan kapasitas.”

Yellen tidak mengesampingkan mengambil langkah-langkah tambahan untuk melawan subsidi China di sektor energi ramah lingkungan, dan menambahkan, “Bukan hanya Amerika Serikat tetapi beberapa negara, termasuk Meksiko, Eropa, Jepang, yang merasakan tekanan dari investasi besar-besaran, dalam industri-industri ini di China.”

Kunjungan Menteri Keuangan tersebut dilakukan setelah Biden dan Xi mengadakan pembicaraan telepon pertama mereka dalam lima bulan pada hari Selasa (2/4), yang dimaksudkan untuk menunjukkan kembalinya dialog antar pemimpin antara kedua negara. Para pemimpin membahas masalah Taiwan, kecerdasan buatan, dan keamanan.

Seruan tersebut, yang digambarkan oleh Gedung Putih sebagai pembicaraan yang “terus terang dan konstruktif,” adalah percakapan pertama kedua pemimpin sejak pertemuan puncak mereka pada bulan November di California, yang memperbaharui hubungan antara militer kedua negara dan meningkatkan kerja sama dalam membendung aliran fentanyl dari China.

Namun, tampaknya sulit bagi kedua negara untuk mencapai keseimbangan antara persaingan dan antagonisme.

Misalnya saja, pekan lalu Xi menjadi tuan rumah bagi para CEO Amerika di Beijing untuk mengajak mereka berinvestasi di China. Sementara itu, Biden pada Agustus lalu mengeluarkan perintah eksekutif yang menginstruksikan komite antar lembaga, yang diketuai oleh Yellen, untuk memantau secara cermat investasi AS di Chyina terkait manufaktur teknologi tinggi.

Jude Blanchette, pakar China di Pusat Studi Strategis & Internasional, mengatakan, “Upaya pemerintahan Biden selama setahun terakhir untuk menstabilkan hubungan jelas berhasil, namun titik-titik perselisihan utama masih belum terselesaikan dan kemungkinan besar akan menantang hubungan tersebut untuk jangka waktu yang lama, masa depan yang dapat diduga."

“Untuk saat ini, ‘persaingan yang terkelola’ mungkin merupakan hal terbaik yang bisa kita harapkan, mengingat potensi konsekuensi bencana dari hubungan yang benar-benar tidak berjalan baik,” katanya.

Yellen pekan lalu mengatakan China membanjiri pasar dengan energi ramah lingkungan yang “mendistorsi harga global,” dan berencana untuk memberi tahu rekan-rekannya bahwa peningkatan produksi energi surya, kendaraan listrik, dan baterai lithium-ion yang dilakukan Beijing menimbulkan risiko terhadap produktivitas dan pertumbuhan ekonomi global.

China mulai memperluas kehadirannya dalam perekonomian global lebih dari dua dekade yang lalu, dengan mengekspor barang-barang murah yang menarik konsumen AS dengan mengorbankan pekerjaan di pabrik di banyak negara asal konsumen tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh ekonom David Autor, David Dorn, dan Gordon Hanson mengenai apa yang dikenal sebagai “China Shock” menyebabkan kehancuran banyak kota pabrik, dan dalam beberapa kasus menyebabkan ketidakpuasan politik yang lebih besar.

Namun, beberapa ahli melihat manfaat dari pertikaian ekonomi untuk menghasilkan produk ramah lingkungan.

China adalah salah satu mitra dagang terbesar Amerika Serikat, dan persaingan ekonomi antara kedua negara telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Yellen menekankan pada hari Rabu bahwa Amerika Serikat tidak tertarik untuk melepaskan diri dari China.

Dukungan China terhadap Rusia ketika negara itu melanjutkan invasinya ke negara tetangga Ukraina adalah isu lain yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut. Ketika AS dan sekutunya memberikan sanksi kepada pejabat Rusia dan seluruh sektor ekonomi Rusia, seperti perbankan, produksi minyak, dan manufaktur, perdagangan antara China dan Rusia meningkat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home