Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:51 WIB | Kamis, 05 Desember 2013

Menlu Australia dan Indonesia Bertemu Bahas Pemulihan Hubungan

Menteri Luar Negeri Australian Julie Bishop dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa bertemu di Kantor Kemementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis (5/12). (Foto: setkab.go.id)
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Australian Julie Bishop dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa bertemu di Kantornya, Gedung Pancasila di Kemementerian Luar Negeri Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (5/12). 
 
Kedua menlu akan membahas kelanjutan hubungan bilateral kedua negara pasca kasus penyadapan intelijen Australia atas percakapan telepon Presiden Susilo bambang Yudhoyono dan pejabat negara lainnya.
 
"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menugaskan pada saya untuk menemui kolega saya dalam kaitannya dengan kasus ini," kata Menlu Marty.
 
Menlu Bishop memimpin delegasi tingkat tinggi ke Jakarta untuk berdiskusi luas mengenai hubungan Indonesia-Australia untuk membantu mencairkan hubungan pasca terungkapnya penyadapan yang dilakukan negaranya terhadap pemimpin Indonesia.
 
Menlu Marty menambahkan kedua pihak akan berusaha mencapai kesepakatan berhubungan dengan kode etik atau protokol bagi kelanjutan relasi bilateral antara kedua negara.
 
"Rasa saling percaya harus pertama-tama dipulihkan terlebih dahulu," kata Marty.
 
Marty mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menghentikan tiga program kerja sama dengan Australia, termasuk pertukaran data inlelijen, pertukaran informasi, dan latihan militer gabungan.
 
"Pemerintah akan meninjau ulang seluruh bentuk kerja sama dengan Australia," kata Marty. (Setkab)
 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home