Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 08:55 WIB | Minggu, 15 Maret 2015

Menperin Motivasi Petinggi Perusahaan Jepang Investasi ke RI

Menteri Perindustrian Saleh Husin (kiri) berbincang dengan Sudirman Said (kemeja putih) dalam sebuah acara di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) beberapa waktu lalu. (Foto: Prasasta Widiadi).

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin, mengajak para pemimpin puncak perusahaan asal Jepang yang berbisnis di Indonesia diminta untuk meningkatkan investasi dan mendongkrak ekspornya dari Indonesia.

"Termasuk juga kerja sama investasi dengan Yamaha untuk meningkatkan produksi motor R25 yang berkapasitas mesin 250cc dengan tujuan pasar ekspor ke beberapa negara di Amerika, Eropa dan Jepang,” kata Menperin melalui siaran pers yang diterima, Minggu (15/3).

Saleh  bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Tokyo bertemu para pengusaha dan investor Jepang untuk membahas peningkatan kerja sama dan investasi di Indonesia.

Menperin mencontohkan salah satu perusahaan Jepang, Mitsui yang hampir seratus tahun berinvestasi di Indonesia dan akan terus mengembangkan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) dan pelabuhan Tanjung Priok.

Pertemuan itu juga berbuah komitmen beberapa pengusaha besar Jepang untuk menanamkan investasinya di Indonesia, bahkan yang sudah lama berinvestasi di Indonesia akan terus memperbesar jumlah investasinya.

Menurut Menperin, sektor yang akan dikembangkan di antaranya otomotif, infrastruktur, migas, dan kelistrikan. Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, dan Ketua Tim Ekonomi Wakil Presiden (Wapres) Sofjan Wanandi.

"Jadi tidak hanya memanfaatkan pasar domestik kita, tapi juga punya paradigma ekspor," kata  Saleh.

Selama kuartal pertama hingga ketiga pada 2014, investasi Jepang di Indonesia tercatat sebesar 2,04 miliar dollar AS, di mana angka tersebut menempatkan Jepang pada posisi kedua setelah Singapura yang telah menanamkan modalnya di Indonesia sebesar 4,89 miliar dollar AS pada periode yang sama.

Terkait sektor industri, investasi tertinggi Jepang di Indonesia adalah Industri Kendaraan Bermotor dan Alat Transportasi serta Industri Logam dengan nilai investasi sebesar 880,6 juta dollar AS, serta Industri Mesin dan Elektronik dengan nilai investasi sebesar 384,5 juta dollar AS. (Ant).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home