Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:31 WIB | Minggu, 25 Oktober 2015

Mentan Pertimbangkan Sultra Jadi Kawasan Padi Nasional

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaeman. (Foto: setkab.go.id)

KENDARI, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaeman mengatakan, akan mempertibangkan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu kawasan padi nasional di Indonesia.

"Kita akan kaji kemungkinan Sultra jadi salah satu kawasan padi nasional," katanya seusai bertemu dengan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten/kota dan para pejabat Dinas Pertanian Sulawesi Tenggara, di Kendari, hari Sabtu (25/10).

Jika dalam kajian nanti menunjukkan bahwa Sultra layak menjadi salah satu kawasan padi nasional di Indonesia, maka pemerintah melalui Kementerian Pertanian akan memberikan persetujuan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sultra, Muhammad Nasir mengusulkan kepada Mentan Amran agar beberapa kabupaten yang menjadi sentra produksi padi di Sultra ditetapkan sebagai kawasan padi nasional.

Dengan begitu, kata dia, maka program pengembangan tanaman padi di beberapa kabupaten di Sultra bisa menjadi tanggung jawab langsung Kementerian Pertanian.

"Beberapa wilayah kabupaten di Sultra seperti Konawe Selatan, Konawe dan Bombana, sangat potensial untuk pengembangan lahan persawahan," katanya Nasir.

Oleh karena itu, kata dia, Menteri Pertanian perlu memberikan kebijakan bagi kabupaten-kabupaten yang menjadi sentra produksi padi agar dapat dijadikan kawasan padi nasional, sehingga sejumlah kabupaten bisa mengembangkan tanaman padi sawah secara massif.

"Kalau ada kabupaten di daerah yang dijadikan sebagai kawasan padi nasional, maka sumbangan Sultra terhadap ketersediaan pangan nasional akan semakin besar," katanya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home